Danny Tunggu Izin untuk Gelar Balap Jalanan di Makassar

Danny siapkan dua opsi lokasi

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar belum menentukan lokasi dan jadwal pelaksanaan road race atau balap jalanan yang telah direncanakan. Pasalnya, mereka masih menunggu izin untuk pelaksanaannya.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan pihaknya segera mengajukan izin ke pihak kepolisian dari segi keamanan dan kepada Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah XIII Makassar untuk menggunakan ruas Jalan Pettarani.

"Tentunya harus ada izin dari kepolisian. Kalau ada, izin jalan itu relatif. Kalau dikasih jalan balai, kita ambil di jalan kota," kata Danny, Kamis (14/4/2022).

Baca Juga: Tekan Balap Liar, Pemkot Makassar Siapkan Ajang Road Race

1. Bergantung pada izin keamanan dan lokasi

Danny Tunggu Izin untuk Gelar Balap Jalanan di Makassarilustrasi road race isle of man (iomtt.com)

Rencana balap motor jalanan ini sangat bergantung pada izin keamanan dan lokasi. Setelah mengajukan izin, Danny hanya menunggu apakah permohonannya diterima atau ditolak. 

"Saya kan tergantung izin. Kalau kita berusaha tapi akhirnya tidak dapat izin ya tidak ada masalah. Yang penting teman-teman motor sudah tahu bahwa itu tulusnya pemerintah kota mau memperjuangkan teman-teman untuk jangan balap liar," kata Danny.

2. Mencoba menekan aksi balap liar

Danny Tunggu Izin untuk Gelar Balap Jalanan di MakassarIlustrasi balap liar (IDN Times/Istimewa)

Rencana Danny untuk menggelar road race sebagai upaya untuk menekan aksi balap liar yang kian meresahkan warga. Aksi balap liar ini kembali marak sejak memasuki bulan Ramadan 1443 H ini.

Danny menilai perlu menjembatani hobi anak-anak muda yang gemar balap liar di jalan. Karena itu, dia ingin membuat balapan lebih resmi yang digelar dini hari di jalan kota sehingga tidak mengganggu warga.

"Karena ini kan bukan saya yang mau balap. Ini adalah penyaluran. Jadi kalau tidak mau dukung anak-anak ini tersalurkan ya tidak ada masalah. Tapi jangan mengeluh kalau anak-anak nakal terus," katanya.

3. Danny siapkan dua alternatif lokasi

Danny Tunggu Izin untuk Gelar Balap Jalanan di MakassarWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Jika tidak diberi izin menggunakan ruas jalanan kota seperti Jalan Pettarani, maka Danny menyiapkan dua alternatif jalan lain. Dua ruas jalan yang dimaksud yaitu Jalan Metro Tanjung Bunga dan Jalan Dr Leimena. 

Namun jika Danny tidak diberikan izin untuk menggelar road race, maka dia akan menerimanya.

"Saya kira tergantung izinnya. Kita pindahkan juga kalau tidak dapat izin dari kepolisian. Saya larang anak-anak," katanya.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya