Malam Natal, Tim Jibom Polda Sterilisasi Gereja di Makassar

Polisi membantu memperketat pengamanan pada momen Natal

Makassar, IDN Times - Tim Penjinak Bom (Jibom) Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan, membantu pengamanan gereja-gereja di Makassar, pada malam Natal, Jumat (24/12/2021).

Tim Jibom Brimob Polda melaksanakan sterilisasi untuk mengantisipasi potensi gangguan terhadap keamanan jemaat saat beribadah.

"Untuk memastikan dan menciptakan rasa aman dan nyaman," kata Kepala Bagian Operasional Brimob Polda Sulsel, Kompol Mursalim disela sterilisasi Gereja Katedral Makassar, Jumat.

Baca Juga: Polisi Jaga Ketat 31 Gereja Prioritas saat Perayaan Natal di Makassar

1. Tim Jibom bersiaga dengan kendaraan khusus

Malam Natal, Tim Jibom Polda Sterilisasi Gereja di MakassarSterilisasi Gereja Katedral Makassar jelang Natal/Istimewa

Selain mendeteksi ancaman bahaya lewat metal detector, proses sterilisasi di dalam ruangan dan sekeliling gereja juga melibatkan K-9 atau anjing pelacak. Setiap sisi ruangan dalam gereja ini disisir petugas bersenjata lengkap.

Petugas juga mendirikan pos pengaman di malam Natal. Selain Gereja Katedral, ada lima gereja lain di Makasssat yang jadi prioritas penjagaan dan pengamanan kepolisian. Gereja umumnya terletak di lokasi strategis dan jumlah jemaat yang banyak. Yakni, Gereja Kare Jalan Perintis Kemerdekaan, Gereja Asisi Jalan Hertasning, Gereja Santa Maria Jalan Tupai, Gereja GKY Jalan Andalas, dan Gereja Imanuel Jalan Balaikota.

"Tim Jibom disiagakan dengan kendaraan khusus," ucap Mursalim.

2. Penerapan protokol kesehatan jadi prioritas

Malam Natal, Tim Jibom Polda Sterilisasi Gereja di MakassarSterilisasi Gereja Katedral Makassar jelang Natal/Istimewa

Ketua Panitia Misa Natal Gereja Katedral, Yenny Ponda mengatakan, jemaat yang hendak beribadah dipastikan telah menerima vaksin pertama dan kedua.

"yang bisa dicek menggunakan aplikasi Peduli Lindungi," ucap Yenny di lokasi yang sama.

Kemudian, pelaksanaan ibadah di dalam ruangan juga mesti dibatasi mimal 150 orang dari kapasitas 500 orang. Pihak gereja juga menyediakan fasilitas ibadah virtual.

"Jadi penerapan protokol kesehatannya ibadah langsung ketat, menjaga jarak, mencuci tangan dan tetap menggunakan masker," ucap Yenny.

3. Sebanyak 2.043 personel gabungan amankan perayaan Nataru di Makassar

Malam Natal, Tim Jibom Polda Sterilisasi Gereja di MakassarSterilisasi Gereja Katedral Makassar jelang Natal/Istimewa

Kepala Bagian Operasional Polrestabes Makassar Kompol Nugraha Pamungkas menyebutkan, jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 pihaknya akan mendirikan sejumlah pos pengamanan. Bersama pos pelayanan, petugas ditempatkan di sejumlah titik dalam kota.

"Ada 11 titik didirikan pos pam dan pos pelayanan dengan mengerahkan sekitar 2.043 personel Polrestabes Makassar dibantu dari Polda Sulsel dan TNI," kata Nugraha, kepada jurnalis, di tempat terpisah.

Personel gabungan bertugas dalam Opersi Lilin 2021, yang mulai dilaksanakan hari ini hingga 2 Januari. Nugraha mengungkapkan hingga kini, pihaknya intens berpatroli untuk memastikan situasi Kota Makassar menjelang perayaan Nataru tetap aman.

Baca Juga: 9 Kegiatan Saat Malam Natal, Indahnya Natal!

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya