Lansia di Makassar Ditemukan Tewas bersama Saudaranya yang Kritis

Dua kakak beradik cuma tinggal berdua di rumah

Makassar, IDN Times - Joyce, seorang perempuan lansia berusia 80 tahun, ditemukan tak bernyawa di dalam rumahnya, kompleks perumahan Lili, Kecamatan Panakkukang, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (30/1/2021) siang.

Saat ditemukan, di dekat Joyce terdapat sang kakak, Alice (82) yang dalam kondisi lumpuh. Selama ini mereka tinggal berdua, sebelum ditemukan dalam kondisi mengenakan oleh warga setempat.

"Ada warga melapor sama saya, mereka lima hari ini sudah tidak pernah kelihatan," kata Ketua RW setempat, Mappaenre, kepada jurnalis di sela proses evakuasi mayat, Sabtu.

Baca Juga: Mayat Seorang Pria Ditemukan Membusuk di Dalam Ruko Kota Madiun

1. Dua lansia bersaudara tinggal bersama

Lansia di Makassar Ditemukan Tewas bersama Saudaranya yang KritisPetugas kepolisian mengevakuasi lansia bersaudara di rumahnya/Polsek Panakkukang

Mappaenre mengatakan, Alice dan mendiang Joyce tinggal serumah dan tidak punya keluarga di Makassar. Mereka sama-sama tidak berkeluarga. Sang kakak merupakan pensiunan perusahaan BUMN. 

"Kalau yang saudaranya satu tidak kerja memang. Tidak ada suaminya juga dua orang ini," ucap Mappaenre. 

Sebelum penemuan mayat, warga setempat memang khawatir karena dua bersaudara itu tak pernah terlihat. Setelah beberapa orang mendekat ke pekarangan rumahnya, tercium aroma menyengat.

"Makanya langsung kita cepat panggil juga lurah, sama pak Babinsa dan Babinkamtibnas, untuk laporkan ada yang mencurigakan di dalam rumah. Setelah semua datang, baru kita bongkar (pintu rumah)," Ketua RW mengatakan. 

2. Lansia yang masih hidup dalam keadaan kritis

Lansia di Makassar Ditemukan Tewas bersama Saudaranya yang KritisPetugas kepolisian mengevakuasi lansia bersaudara di rumahnya/Polsek Panakkukang

Mappaenre menyebut jasad Joyce ditemukan terbaring di atas kasur. Sedangkan Alice ditemukan tergeletak di ruang tamu.

Kepala Unit Binmas Polsek Panakkukang, Iptu T Sirenden mengatakan Joyce sudah meninggal dunia saat pertama kali ditemukan. Sedangkan saudaranya masih hidup tapi dalam keadaan kritis. "Kita evakuasi ke RS Bhayangkara untuk secepatnya dapat pertolongan," ujarnya.

3. Polisi kumpulkan keterangan saksi-saksi

Lansia di Makassar Ditemukan Tewas bersama Saudaranya yang KritisIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut keterangan warga setempat kepada polisi, Joyce dan Alice biasanya terlihat berolahraga dengan berjalan kaki keliling kompleks. Namun sekitar lima hari terakhir mereka tidak pernah lagi terlihat.

Sirenden mengatakan, polisi tengah menyelidiki kasus penemuan mayat untuk memastikan apakah kematian lansia itu wajar atau tidak. Polisi tengah mengumpulkan keterangan saksi-saksi, terutama warga yang mengetahui latar belakang dua bersaudara itu.

"Masih kita kumpulkan semua keterangan dan bukti-bukti tambahannya," kata Sirenden.

Baca Juga: 200 Penghuni Rutan Makassar Jalani Rehabilitasi Narkoba

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya