Kondisi 20 Korban Luka Akibat Bom di Katedral Makassar Perlahan Pulih

Beberapa korban sudah diperbolehkan pulang

Makassar, IDN Times - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan kondisi terkini puluhan korban luka akibat bom bunuh diri di Gereja Katedral, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Polisi mencatat korban dalam peristiwa yang terjadi pada Minggu, 28 Maret 20201 berjumlah 20 orang.

"Terkait korban luka yang ada di Makassar saat ini 13 ada di rumah Sakit Bhayangkara, 3 di Rumah Sakit Siloam dan 4 sudah menjalani rawat jalan," ungkap Listyo dalam ekspos perkembangan penyelidikan di Polda Sulsel, Senin (29/3/2021).

1. Kapolri Listyo tegaskan semua biaya perawatan korban ditanggung negara

Kondisi 20 Korban Luka Akibat Bom di Katedral Makassar Perlahan PulihRS Bhayangkara Makassar. IDN Times/RS Bhayangkara Makassar

Listyo mengatakan, korban bernama Kosmos, satpam yang saat itu sempat menghalau pelaku untuk masuk ke halaman gereja, dalam kondisi stabil dan semakin membaik. "Kini sudah dipindahkan ke ruangan perawatan biasa," ucap Listyo. 

Selain itu, dua orang lainnya masih dirawat di ruang ICU. Kondisinya juga berangsur membaik setelah menjalani operasi luka bakar dan  tinggal menunggu proses pemulihan. Korban diminta jangan khawatir dengan biaya perawatan.

"Semua biayanya ditanggung negara," Listyo menerangkan.

2. Kapolri ingatkan masyarakat jangan mudah terprovokasi dengan paham ekstrem

Kondisi 20 Korban Luka Akibat Bom di Katedral Makassar Perlahan PulihKapolri Jendral Listyo Sigit saat meninjau lokasi ledakan di Gereja Katedral Makassar/Polda Sulsel

Listyo mengimbau kepada masyarakat agar jangan mudah terpengaruh, terhasut dan juga terprovokasi dengan paham esktrem dan membahayakan. Apalagi dengan pemahaman yang bisa melukai orang lain.

"Kami tetap mengimbau agar warga tidak mudah terpapar doktrin-doktrin terorisme," imbaunya. 

Selain itu Listyo kembali mengingatkan agar masyarakat tetap tenang, tidak takut dan  kembali beraktivitas seperti biasa. Kapolri menegaskan, pihaknya tetap bergerak mencari jaringan lain dalam kelompok ini. "Anggota di lapangan masih bekerja untuk mencari pelaku lain," jelasnya. 

Baca Juga: Sosok Pelaku Bom Gereja Katedral Makassar di Mata Tetangga

3. Korban umumnya menderita luka terkena serpihan ledakan dan luka bakar

Kondisi 20 Korban Luka Akibat Bom di Katedral Makassar Perlahan PulihKorban ledakan bom bunuh diri saat dirawat di RS Stella Maris, Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Korban yang terdata oleh polisi umumnya menderita luka ringan, terkena material ledakan hingga luka bakar. Korban didominasi jemaat dan sekuriti dan beberapa orang masyarakat lainnya. Mereka sempat dirawat di sejumlah rumah sakit sebelum dipindahkan ke RS Bhayangkara. 

Hamsiah, istri korban sekuriti bernama Daeng Tompo, mengaku bersyukur suaminya selamat dalam peristiwa itu.

"Alhamdulillah mungkin masih dikasih kasian umur panjang," ucapnya saat ditemui di RS Stella Maris, Minggu kemarin. 

Baca Juga: Fakta Terbaru Kasus Bom Katedral Makassar: Kedua Pelaku Pasutri Baru

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya