Sosok Pelaku Bom Gereja Katedral Makassar di Mata Tetangga

Kedua pelaku baru menikah, cenderung menutup diri

Makassar, IDN Times - Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri, Senin (29/3/2021), menggeledah rumah pria L, pelaku bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar hari Minggu kemarin. Rumah yang digeledah terletak di Jalan Tinumbu 1 Lorong 123, Kelurahan Bunga Ejaya, Kecamatan Bontoala, Kota Makassar.

Menurut keterangan salah seorang warga setempat yang enggan disebutkan namanya, rumah yang digeledah itu dihuni oleh L. Dia menyebut L adalah orang yang fotonya telah tersebar sebagai terduga pelaku pengeboman di Gereja Katedral Makassar.

"Iye itu mi (inisial L) karena sudah tersebar mi fotonya. Pengantin baru. Istrinya itu yang na bonceng. Fotonya itu yang baku bonceng. Dikenali memang itu motor di sini," kata laki-laki itu.

1. Pelaku dikenal jarang bergaul dengan tetangga

Sosok Pelaku Bom Gereja Katedral Makassar di Mata TetanggaTim Densus 88 menggeledah rumah pelaku bom bunuh diri Gereja Katedral Makassar/Istimewa

Warga lainnya yang bernama Sudirman menimpali. Dia menyebut bahwa pria L memang tinggal di sana sejak kecil. Tapi dia tidak begitu akrab dengan L karena sifatnya yang cenderung tertutup.

"Dia memang tinggal di sini. Jarang bergaul. Menutup diri memang. Dari kecil memang nda bergaul. Kesehariannya tidak terlalu kutahu," katanya.

2. Baru menikah 6 bulan lalu

Sosok Pelaku Bom Gereja Katedral Makassar di Mata TetanggaPetugas kepolisian berjaga di lokasi dugaan bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3/2021) (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Menurut Baharuddin, warga lainnya, L merupakan sosok yang baik dan cukup bersosialisasi dengan warga lainnya. Dia merupakan putra dari seorang perempuan penjual kue. 

L diketahui warga telah menikah dengan seorang perempuan sekitar 6 bulan lalu. "Istri (L) tidak pernah dikenali oleh warga setempat," katanya.

Baca Juga: Viral Foto Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri Gereja Katedral Makassar

3. Warga tidak mengenali sosok istri L

Sosok Pelaku Bom Gereja Katedral Makassar di Mata TetanggaFoto dua pelaku bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar yang merupakan suami istri (Dokumentasi Divisi Humas Mabes Polri)

Irnawati, warga lainnya juga mengatakan bahwa pernikahan L itu digelar terbatas sehingga tetangga dan warga sekitar tidak mengenali sosok istrinya.

Bahkan, kata Irnawati, L pindah dari kediaman orangtuanya dan memilih tinggal di rumah kontrakan. Rumah itu, menurut Irnawati tidak pernah terbuka.

"Dan istrinya tidak pernah terlihat atau berkomunikasi dengan warga sekitar," katanya.

Baca Juga: [BREAKING] Pelaku Teror Bom di Katedral Makassar Tinggalkan Surat

4. Bom bunuh diri melukai puluhan orang

Sosok Pelaku Bom Gereja Katedral Makassar di Mata TetanggaKapolda Sulsel Irjen Merdisyam saat memantau lokasi unjuk rasa di depan Kantor DPRD Sulsel. IDN Times/Sahrul Ramadan

Sebelumnya Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Merdisyam menjelaskan, bom bunuh diri terjadi usai ibadah Misa Palma menyambut Paskah, pada Minggu 28 Maret 2021. Kejadiannya sekitar pukul 10.30 WITA. 

Pelaku yang mengendarai sepeda motor saat itu memaksa masuk ke dalam area gereja namun ditahan oleh petugas sekuriti. "Saat itulah terjadi ledakan, yang mengakibatkan korban baik dari pelaku, maupun jemaat," kata Merdisyam. 

Ledakan bom yang digunakan pelaku, mengakibatkan 20 orang menjadi korban, baik luka ringan hingga berat. Korban antara lain petugas sekuriti gereja, jemaat hingga beberapa orang yang melintas di lokasi kejadian. 

Baca Juga: Viral, Diduga Wasiat Pelaku Bom Bunuh Diri Gereja Katedral Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya