Hari Pertama PSBB di Gowa, Petugas Jaring Seratusan Pelanggar

Para pelanggar digiring ke Kantor Polres Gowa

Sungguminasa, IDN Times - Petugas gabungan menindaki seratusan pelanggar pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Mereka terjaring patroli skala besar yang dilakukan petugas TNI-Polri dan Satpol PP, pada hari pertama PSBB, Senin (4/5) malam.

"Malam hari ini kita melakukan penertiban kepada masyarakat Gowa yang tidak mematuhi peraturan pemberlakuan PSBB di Gowa," kata Kapolres Gowa AKBP Boy F Samola dalam keterangan pers, Selasa (5/5).

Baca Juga: Warga Keluhkan Ketatnya PSBB Gowa, Bupati Adnan: Pasti Ada Pro Kontra

1. Pelanggar didominasi pengendara yang tidak memakai masker

Hari Pertama PSBB di Gowa, Petugas Jaring Seratusan PelanggarPelanggar hari pertama PSBB di Kabupaten Gowa. IDN Times/Polres Gowa

Patroli berskala besar di hari pertama PSBB digelar di sejumlah titik di Sungguminasa, ibu kota Gowa.  Dalam patroli yang berlangsung sejak pukul 21.00 hingga jelang tengah malam, petugas menemukan banyak warga yang tidak menjalankan aturan PSBB.

Pelanggaran yang umum, kata Boy, adalah pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan masker atau berkumpul dan berkerumun. Mereka yang terjaring umumnya berusia muda.

"Terlihat masih ada masyarakat pada malam hari yang masih berkumpul dan tidak menggunakan masker. Kemudian selanjutnya mereka diarahkan ke mobil tahanan yang telah disiapkan," ucap Boy.

2. Polisi mencatat data identitas para pelanggar

Hari Pertama PSBB di Gowa, Petugas Jaring Seratusan PelanggarPelanggar hari pertama PSBB di Kabupaten Gowa. IDN Times/Polres Gowa

Dalam patroli, petugas gabungan berkeliling dengan mempersiapkan kendaraan tahanan. Warga yang kedapatan melanggar langsung digiring ke Kantor Polres Gowa. Di sana mereka diperingati agar tidak mengulangi perbuatannya.

Pada masa awal PSBB di Gowa, petugas polisi mencatat data identitas para pelangggar. Ini memudahkan petugas mengidentifikasi mereka, jika mengulangi atau berbuat pelanggaran kembali. Para pelanggar juga  diperiksa kondisi kesehatannya untuk memastikan apakah mereka tidak terpapar COViD-19 atau tidak.

"Masyarakat yang terjaring akan dilakukan rapid test dan diproses lebih lanjut," ucap Boy.

3. Petugas memperketat pemeriksaan di pintu-pintu perbatasan Gowa

Hari Pertama PSBB di Gowa, Petugas Jaring Seratusan PelanggarPelanggar hari pertama PSBB di Kabupaten Gowa. IDN Times/Polres Gowa

PSBB di Gowa berlangsung sejak Senin (4/5) hingga 18 Mei 2020 mendatang. Selama itu, semua pintu perbatasan Kabupaten Gowa dijaga ketat. Petugas gabungan memeriksa identitas orang yang hendak masuk, dan meminta putar balik jika dianggap tidak terlalu berkepentingan.

Pemeriksaan ketat di perbatasan sempat menimbulkan kemacetan di sejumlah daerah perbatasan, pada Senin kemarin. Namun kondisi itu dianggap wajar terjadi pada hari pertama pemberlakuan PSBB.

"Tadi pagi memang sempat macet, tapi sekarang sudah lancar," kata Kasat Lantas Polres Gowa, AKP Mustari dalam keterangan resmi yang diterima sejumlah jurnalis di Makassar, Senin (4/5) kemarin.

Hari Pertama PSBB di Gowa, Petugas Jaring Seratusan PelanggarStop Stop Ser

Baca Juga: Pintu Masuk ke Gowa Ditutup, Netizen: PSBB atau Lockdown?

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya