Danny Bakal Ambil Alih Stadion Barombong, Sentilan Bagi Pemprov Sulsel

Dewan sarankan emprov bergerak

Makassar, IDN Times - Legislator DPRD Sulawesi Selatan mengapresiasi rencana Rencana Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto mengambil alih proyek pembangunan Stadion Barombong.

Legislator Fraksi Golkar Rahman Pina mengatakan, rencana Danny merupakan hal positif bagi penyelesaian proyek infrastruktur tersebut 

"Pak Wali dan warga Makassar gelisah kenapa asset ini tak dimanfaatkan," kata Rahman Pina, legislator Komisi D Bidang Pembangunan, dalam keterangan tertulisnya kepada IDN Times, Sabtu (26/2/2022).

Baca Juga: Pemprov Respons Danny soal Pengalihan Stadion Barombong

1. Rencana Danny Pomanto, sentilan bagi Pemprov Sulsel

Danny Bakal Ambil Alih Stadion Barombong, Sentilan Bagi Pemprov SulselWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Menurut Rahman, meski baru sebetas rencana, namun keinginan Wali Kota Danny itu dianggap sebagai pemantik yang mestinya dipahami Pemprov Sulsel. Sebab Pemprov adalah pihak yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan pembangunan.

"Keinginan pemkot untuk mengambil alih pembangunan Stadion Barombong mesti dipahami bahwa ini sentilan keras ke pemprov yang seakan-akan sudah tak mampu lagi menyelesaikan (pembangunan stadion) Barombong," ucapnya.

Rahman memberikan masukan kepada Pemprov Sulsel agar merespons rencana Danny dengan melanjutkan pembangunan stadion di kawasan pinggir pantai itu.

"Jangan setengah-setengah, setelah menyelesaian Masjid Kubah 99, mestinya Stadion Barombong juga diselesaikan. Stadion Mattoanging dikebut. Sayang sekali kalau aset besar itu tak bisa dimanfaatkan," ucapnya.

2. Dewan dorong Pemprov merespons rencana wali kota

Danny Bakal Ambil Alih Stadion Barombong, Sentilan Bagi Pemprov SulselLegislator DPRD Sulsel Komisi D, Rahman Pina IDN Times/Aan Pranata

Rahman menyatakan, Pemprov Sulsel seharusnya segera merespons rencana itu. Yakni dengan menyelesaikan pembangunan itu secepatnya.

"Tapi kalau pemprov sudah angkat bendera putih tak bisa melanjutkan, ya kita harus berjiwa besar menyerahkan itu," ujar Rahman.

Rahman mengungkapkan, proses pengambilalihan aset tentunya mesti merujuk dalam regulasi agar tak menimbulkan persoalan baru.

3. Saran Rahman Pina bagi Pemkot Makassar

Danny Bakal Ambil Alih Stadion Barombong, Sentilan Bagi Pemprov SulselWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Di sisi lain, Rahman juga menyarankan agar Pemkot Makassar memprioritaskan pembangunan aset sendiri. Tak masalah jika ke depan Pemprov dan Pemkot sama-sama membangun stadiin.

"Sejatinya kota besar seperti Makassar dan Sulsel harus memiliki stadion standar FIFA. Makin banyak stadion dan sarana olahraga di Makassar makin baik," terang Rahman.

Beberapa waktu lalu, Wali Kota Danny Pomanto sempat mengutarakan keinginannya untuk melanjutkan proyek Stadion Barombong yang mandek. Dia mengaku siap melanjutkan pembangunan stadion tersebut.

Hanya saja, Danny belum pernah membahas hal ini langsung dengan Pemprov. Karena itu, pihaknya baru akan menyurat secara resmi. "Kita bermohon toh untuk menyelesaikan itu barang-barang (stadion)," kata Danny. 

Baca Juga: Danny Belum Surati Pemprov soal Niatnya Selesaikan Stadion Barombong

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya