Bocah Terekam CCTV Curi Uang Belasan Juta di Hotel di Makassar

Uang diambil dari laci di meja resepsionis hotel

Makassar, IDN Times - Seorang bocah terekam kamera pengintai atau CCTV saat mencuri di salah satu hotel di Jalan Pengayoman, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar.

Menurut kepolisian, aksi pencurian itu terjadi, pada Jumat, 25 Desember, sekitar pukul 06.00 WITA.

"Uang diambil dari laci di resepsionis hotel, kemudian pelaku keluar dan meninggalkan hotel," kata Kepala Unit Reskrim Polsek Panakkukang Iptu Iqbal Usman dalam keterangan tertulisnya kepada jurnalis, Sabtu (26/12/2020).

Baca Juga: Razia Protkes di Makassar, Warga Tak Pakai Masker Harus Rapid Test

1. Pelaku ditangkap tidak jauh dari hotel tempatnya mencuri

Bocah Terekam CCTV Curi Uang Belasan Juta di Hotel di MakassarBocah di Makassar mencuri terekam CCTV hotel/Polsek Panakkukang

Iqbal mengatakan, usai menerima laporan, pihaknya langsung menyelidiki kasus ini. Beberapa jam dicari, pelaku kemudian tertangkap di kawasan Pasar Segar, Panakkukang, sekitar pukul 22.30 WITA. Lokasinya penangkapan tidak jauh dari hotel tempat pelaku mencuri.

Berdasarkan hasil penyelidikan, pelaku berinsial PT beraksi seorang diri. Iqbal bilang, usia pelaku masih 12 tahun.

"PT diamankan saat sedang berjalan kaki ingin menuju ke pos tiket di Pasar Segar. Selanjutnya pelaku dibawa menuju posko Resmob Panakukkang untuk diinterogasi," ujar Iqbal.

2. Pelaku memanfaatkan kondisi hotel yang sepi

Bocah Terekam CCTV Curi Uang Belasan Juta di Hotel di MakassarIlustrasi/Sukma Shakti/IDN Times

Kata Iqbal, berdasarkan pemeriksaan sementara, pelaku beraksi ketika melihat kondisi dan situasi hotel yang saat itu sepi. Iqbal menduga, PT sebelumnya telah memantau kondisi hotel yang ditinggal petugas resepsionis hotel.

Rekaman CCTV menunjukkan, pelaku nekat memanjat meja respsionis sembari memantau situasi di sekelilingnya. Dia sempat membuka salah satu pintu di area meja sebelum memeriksa satu percsatu laci. Usai mendapatkan uang, PT bergegas kabur.

3. Polisi temukan barang bukti uang Rp13 juta

Bocah Terekam CCTV Curi Uang Belasan Juta di Hotel di MakassarKanit Reskrim Polsek Panakkukang Iptu Iqbal Usman. IDN Times/Polsek Panakkukang

Iqbal menyebut, dalam penangkapan, polisi menyita uang Rp13 juta lebih dari tangan PT. Pelaku kini ditahan dari diperiksa lebih lanjut.

Polisi masih menyelidiki motif pencurian, serta kemungkinan PT beraksi sendiri atau tergabung dalam komplotan.

Baca Juga: Polisi Bubarkan Fashion Show yang Ngundang Seribu Orang di Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya