Polda Sulsel: Petugas Dishub Makassar Ditembak Pakai Senjata Pabrikan

Pelaku gunakan senjata produk pabrikan, siapakah dia?

Makassar, IDN Times - Fakta terbaru terkait kasus penembakan yang menewaskan Najamuddin Sewang, petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar, diungkap Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Sulsel).

Polda Sulsel memastikan pelaku, yang hingga kini masih misterius, menggunakan senjata pabrikan saat menembak korban. 

"Hasil Labfor (Laboratorium forensik) Polri, sudah dikeluarkan proyektilnya. Dari pabrikan, begitu juga senjata yang digunakan, senjata pabrikan. Jenisnya masih dikembangkan (diperiksa)," kata Kepala Bidang Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Komang Suartana, dikutip dari ANTARA, Kamis (7/4/2022).

1. Polda Sulsel bantu Polrestabes Makassar usut kasus ini

Polda Sulsel: Petugas Dishub Makassar Ditembak Pakai Senjata PabrikanKantor Polrestabes Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Sejauh ini, kata Komang, Direktorat Reserse dan Kriminal Umum Polda Sulsel terus bekerja sama dengan Reskrim Polrestabes Makassar untuk mengungkap dalang kasus penembakan terhadap petugas Dishub Makassar.

Komang juga mengatakan, kepolisian telah mendalami hasil rekaman CCTV yang memperlihatkan saat korban jatuh tersungkur dari motor usai ditembak.

"Dari semua itu, belum bisa disimpulkan akan adanya yang ditetapkan sebagai tersangka. Ini masih dalam pengembangan dan pemeriksaan. Nanti, akan dicek kembali sesuai dengan hasil pemeriksaan," ucap Komang.

2. Polisi sudah periksa 8 saksi

Polda Sulsel: Petugas Dishub Makassar Ditembak Pakai Senjata PabrikanKabid Humas Polda Sulsel Kombes Komang Suartana. (Istimewa)

Polisi telah memeriksa setidaknya delapan orang saksi terkait kasus penembakan tersebut. Menurut Komang, mereka yang diperiksa antara lain, saksi di tempat kejadian perkara yang sempat menolong korban dan pihak Rumah Sakit Siloam Makassar. Sebab, sesaat setelah peristiwa itu, korban sempat dibawa ke rumah sakit tersebut sebelum dinyatakan meninggal dunia.

"Delapan orang diperiksa sebagai saksi. Saksi membantu di TKP, pihak keluarga, rumah sakit maupun teman dari korban," tambah Komang.

Komang juga menyebut, polisi belum bisa memastikan adanya motif hubungan asmara yang melatarbelakangi penembakan terhadap Najamuddin.

3. Kronologi tewasnya korban

Peristiwa penembakan Najamuddin Sewang (33), petugas Dishub Makassar, terjadi pada Minggu, 3 April 2022, sekitar pukul 11.00 WITA di Jalan Danau Tanjung Bunga.

Dalam rekaman CCTV, terlihat korban yang sedang mengendarai sepeda motor tiba-tiba terjatuh. Dalam video tersebut juga terlihat ada pengendara motor lain yang tampak mendahului motor korban. Dalam sekejap, motor yang dikendarai korban oleng ke kanan.

Korban pun tersungkur di tepi jalan bersama sepeda motornya. Saat itu pula, sejumlah warga langsung berlarian menghampiri korban. Ia sempat dilarikan ke rumah sakit Siloam namun nyawanya tidak dapat tertolong.

Baca Juga: Kasus Penembakan Petugas Dishub, Polisi Masih Periksa Saksi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya