Profil Fatmawati Rusdi, Wakil Wali Kota Makassar Penyayang Keluarga

Fatmawati Rusdi adalah istri dari Ketua DPW NasDem Sulsel

Fatmawati Rusdi saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mendampingi Wali Kota Makassar Danny Pomanto pada periode 2021-2026. Fatmawati merupakan sosok perempuan pertama dalam sejarah Pemerintah Kota Makassar yang menjabat sebagai wakil wali kota. 

Profil Wakil Wali Kota Makassar:

  • Nama : Fatmawati Rusdi
  • Tempat dan Tanggal Lahir : Parepare, 9 Mei 1980
  • Pasangan : Rusdi Masse Mappasessu
  • Jumlah Anak : 5 (Lima) Orang  
  • Agama : Islam
  • Kebangsaan : Indonesia
  • Almamater : Universitas Jayabaya

Fatmawati Rusdi lahir pada tanggal 9 Mei 1980 di Kota Parepare. Ia adalah seorang wanita tangguh yang sangat cinta akan keluarga. Kecintaan terhadap keluarganya ini sering ditunjukkan pada momen-momen kebersamaan menunaikan ibadah umroh bersama anak-anaknya. 

Ia terakhir menjalankan ibadah umroh saat usai menjalani masa jabatan sebagai anggota DPR Republik Indonesia pada periode 2014 hingga 2019. 

1. Istri dari Ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse

Profil Fatmawati Rusdi, Wakil Wali Kota Makassar Penyayang KeluargaBapaslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (kiri) dan Fatmawati Rusdi menyapa awak media saat tiba di Kantor KPU Makassar, Jumat (4/9/2020). IDN Times/Asrhawi Muin

Suami Fatmawati Rusdi adalah Rusdi Masse Mappasessu, Ketua DPW NasDem Sulawesi Selatan, yang telah terpilih menjadi anggota DPR RI pada periode 2019 hingga 2024.

Bagi Fatmawati dan suami, pendidikan anak-anaknya merupakan hal sangat penting. Sebab menurutnya, bentuk pertumbuhan dan perkembangan serta pendidikan pada anak sudah lagi tidak bisa ditawar.

Menurut Fatmawati, pendidikan yang pertama dan utama ialah pendidikan dalam keluarga yang diberikan oleh orangtua kepada anak-anaknya.

Selain itu, ia juga ingin menunjukkan bahwa dirinya bisa menjadi seorang politikus sembari tetap penuh perhatian kepada keluarganya.

2. Riwayat pendidikan

Profil Fatmawati Rusdi, Wakil Wali Kota Makassar Penyayang KeluargaWakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi memantau skrining GeNose di SMP 6 Makassar, Senin (1/11/2021). Humas Pemkot Makassar

Wakil Wali Kota Makassar ini merupakan seorang alumni Universitas Jayabaya Jakarta pada tahun 2012. Fatmawati Rusdi menempuh pendidikan tinggi atau sarjana S1 pada bidang studi ekonomi. 

Di Universitas yang sama, Ia meneruskan pendidikannya itu ke jenjang pascasarjana S2. Pada tahun 2016 ia memulai untuk menempuh pendidikan tersebut. Hingga pada tahun 2018 Fatmawati Rusdi berhasil menyelesaikan pendidikan dengan gelar pascasarjana S2.

Baca Juga: Partai NasDem Dorong Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi di Pilkada Makassar

3. Riwayat karir dan organisasi

Profil Fatmawati Rusdi, Wakil Wali Kota Makassar Penyayang KeluargaPaslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dan Fatmawati Rusdi gelar konferensi pers usai mendaftar di kantor KPU Makassar, Jumat (4/9/2020). IDN Times/Asrhawi Muin

Sebelum menjabat sebagai Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi bekerja sebagai Direktur pada perusahaan PT Bayumas Jaya Mandiri Lines Jakarta. Di tahun 2014, Ia memutuskan terjun ke dunia politik dengan bergabung menjadi anggota DPR dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada periode 2014 hingga 2019.

Fatmawati Rusdi juga tergolong aktif mengikuti beberapa organisasi. Pada tahun 2018 ia menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sidrap saat suaminya menjabat Bupati. Di tahun yang sama Ia juga menjadi Pembina di Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sidrap. 

Pada saat dia merangkap jabatan sebagai ketua PKK Kabupaten SIdrap, Fatmawati telah membuat banyak terobosan. Mulai dari memberikan peningkatan pada mutu pendidikan, peningkatan intelektual, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bahkan ia juga membuat terobosan untuk memberantas buta aksara Al-Qur’an. 

Fatmawati Rusdi berkomitmen terhadap dirinya dengan tidak menginginkan masyarakatnya ada yang buta aksara Al-Qur'an. Oleh karena itu, lahirlah sebuah terobosan untuk memberantas hal tersebut. 

Program yang didirikan tersebut dilakukan untuk semua kalangan, baik itu orang tua, anak muda, remaja, ataupun anak-anak.

Baca Juga: Fatmawati Rusdi Ajak Perempuan di Makassar Perjuangkan Kesetaraan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya