Gubernur Nurdin: Tukar Uang Lebaran Jangan ke Calo

Bank Indonesia siapkan Rp5,7 triliun uang untuk ditukar

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah meminta warga tidak menukar uang kecil untuk Lebaran ke calo. Dia menegaskan, ada 33 bank yang siap melayani penukaran uang pecahan kecil, selama Ramadan. 

Selain itu, Gubernur Nurdin juga menyatakan bahwa ada 85 titik penukaran yang disiapkan tahun ini. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya 54 titik. 

“Sudah menjadi tradisi kita di masyarakat menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan menukar uang lalu dibagikan ke anak-anak,” kata Gubernur Nurdin yang membuka secara resmi kegiatan penukaran uang di bulan Ramadan tahun 2019 di Lapangan Upacara Kantor Gubernur, Jumat (10/5). 

Baca Juga: Masjid Tua Katangka, Saksi Sejarah Masuknya Islam di Sulsel

1. Kolaborasi dengan seluruh perbankan di Sulsel untuk penukaran uang pecahan kecil

Gubernur Nurdin: Tukar Uang Lebaran Jangan ke CaloIDN Times/Istimewa

Saat ini, menurut dia, pemerintah Sulsel berkolaborasi dengan Bank Indonesia dan seluruh perbankan di Sulsel untuk penukaran uang pecahan kecil. Ini dilakukan agar membantu masyarakat dalam hal penukaran uang. “Ini juga sangat membantu masyarakat supaya tidak menukar uang dari para calo,” ucap dia.

Nurdin menegaskan kembali bahwa pemerintah dan BI sudah menyiapkan layanan penukaran uang kecil dan besar sehingga masyarakat  tidak datang ke calo. Di Makassar sendiri, ada 11 titik yang melayani penukaran uang kecil.

2. Masyarakat diimbau mendatangi lembaga perbankan untuk menukarkan uangnya

Gubernur Nurdin: Tukar Uang Lebaran Jangan ke CaloIDN Times/Abdurrahman

Oleh sebab itu pemerintah mengimbau kepada masyarakat atau pegawai yang ingin menukarkan uangnya maka mendatangi lembaga perbankan atau  fasilitas mobil tukar-menukar uang keliling bank.

"Mudah-mudahan ini menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan uang pecahan baru," ungkap mantan Bupati Bantaeng dua periode ini.

Baca Juga: Gubernur Nurdin Tunggu Presiden Jokowi Tetapkan Sekda Sulsel

3. Bank Indonesia siapkan Rp5,7 triliun penukaran tahun ini

Gubernur Nurdin: Tukar Uang Lebaran Jangan ke CaloIDN Times/Didit Hariyadi

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulsel, Bambang Kusmiarso mengungkapkan tahun ini pihaknya menyiapkan Rp5,7 triliun untuk penukaran uang. Ini meningkat dibandingkan tahun lalu hanya  Rp 4,1 triliun. “Secara historis memang selama Ramadan itu apalagi jelang Idul Fitri perekonomian meningkat,” ucap Bambang.

Selain kantor pemerintahan dan titik keramaian, pelayanan penukaran uang pecahan kecil juga disediakan di Lapangan Karebosi yang berlangsung dari 13-29 Mei mendatang. 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya