Gubernur Nurdin Akui Jalan Rusak di Sulsel Terus Bertambah

Jalan rusak parah sepanjang 500 kilometer

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengakui kerusakan jalan provinsi terus bertambah, yang terparah sepanjang 500 kilometer. Padahal ada 2.900 kilometer jalan yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Gubernur Sulsel pun bersama wakilnya, Andi Sudirman menargetkan bisa membangun infrastruktur selama tiga tahun. “Kerusakan jalan terus meningkat dan yang mengalami kerusakan parah sepanjang 500 km. Insya Allah kita bisa selesaikan bersama,” ucap Nurdin Abdullah, Kamis (11/4/).

1. Jalan yang rusak parah jadi prioritas

Gubernur Nurdin Akui Jalan Rusak di Sulsel Terus BertambahIDN Times/Didit Hariyadi

Pemerintah Sulsel mengatakan pihaknya membutuhkan waktu tiga tahun untuk memperbaiki infrastruktur. Itu pun dibutuhkan perhatian lebih atau menjadi prioritas. Nurdin menyatakan masih ada beberapa wilayah yang infrastrukturnya belum bagus, bahkan daerah itu tergolong terisolir lantaran aksesnya yang tidak baik. “Itu tanggung jawab kita,” tutur Nurdin.

Jalan nasional dan provinsi di Sulawesi Selatan totalnya 3.755,27 kilometer. Sepertiga dari jalan itu dalam kondisi berlubang hingga rusak parah.

2. Gubernur Nurdin klaim keliling 24 daerah mencari jalan rusak

Gubernur Nurdin Akui Jalan Rusak di Sulsel Terus BertambahHumas Pemprov Sulsel/Istimewa

Mantan Bupati Bantaeng dua periode ini sudah berkeliling ke 24 kabupaten/kota bersama wakilnya. “Kami berkunjung untuk mendengar secara langsung keluhan masyarakat salah satunya terkait jalan rusak,” ucap Nurdin.

Sebagai orang nomor satu di Sulsel, lanjut dia, pihaknya memiliki tanggung jawab besar untuk membangun infrastruktur. Apalagi dalam janji politiknya Nurdin mengungkapkan tidak ada lagi daerah terisolasi dalam tiga tahun. Pasalnya, jalan adalah urat nadi perekonomian masyarakat.

Beberapa jalan yang telah lama rusak, antara lain Seko di Kabupaten Luwu dan Biringbulu, Kabupaten Gowa.

Baca Juga: Menanti Eksekusi Bus Perintis di Sulawesi Selatan

3. Sulsel siapkan anggaran Rp 601,365 miliar untuk jalan

Gubernur Nurdin Akui Jalan Rusak di Sulsel Terus BertambahIDN Times/Istimewa

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah menyiapkan dana sebesar Rp601,365 miliar. Di antaranya Rp526,390 miliar melalui tender dan Rp74,975 miliar melalui swakelola. Saat ini, pemerintah juga tengah merencanakan preservasi atau pemeliharaan jalan sebanyak 22 paket dan untuk rehabilitasi jembatan dan pengerjaan kebencanaan.

Baca Juga: KLHK: Lahan Kritis Terbesar Ada di Sulawesi Selatan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya