Waspada Dampak El Nino, BMKG Makassar Imbau Semua Pihak Hemat Air 

BMKG minta Pemprov Sulsel gunakan teknologi modifikasi cuaca

Makassar, IDN Times - Badan Meterorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Wilyah IV Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), menghimbau agar semua pihak hemat air untuk mengantisipasi dampak kekeringan akibat fenomena El Nino.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah IV Makassar, Hanafi Hamzah menyebutkan, intensitas hujan di Sulsel diprediksi akan lebih sedikit terjadi dari bulan Juli hingga Desember 2023, akibat dampak El Nino.

"BMKG pusat juga sudah menghimbau itu," kata Hanafi kepada IDN Times, Senin (7/8/2023).

Seperti diketahu, El Nino merupakan fenomena di mana suhu permukaan laut di Samudera Pasifik alami peningkatan di atas normal, atau pertumbuhan awan lebih tinggi dan akan mengurangi jumlah curah hujan di Indonesia.

1. Antisipasi kekeringan, BMKG saran pakai TMC

Waspada Dampak El Nino, BMKG Makassar Imbau Semua Pihak Hemat Air TNI Angkatan Udara (AU) mengerahkan dua pesawat untuk melakukan Teknik Modifikasi Cuaca (TMC) agar bisa meminimalisasi cuaca ekstrem. (www.instagram.com/@militer.udara)

Untuk mengantisipasi kekeringan di Sulsel, kata Hanafi, pihaknya sudah menyampaikan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel untuk melihat kemungkinan menggunakan sistem Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Namun, kata Hanafi, penggunaan TMC harus hanya dimungkinkan apabila ada bibit awan.

"Memang harus ada bibit awan, kalau tidak ada bibit awan kemudian kita semai garam sistem (TMC) di atmosfer atau di udara tersebut, maka tidak akan berhasil. Jadi harus ada bibit awannya dulu, sore-sore ada itu," lanjutnya.

2. Pemprov disebut masih pertimbangkan pakai TMC

Waspada Dampak El Nino, BMKG Makassar Imbau Semua Pihak Hemat Air Pemprov Sulsel menyediakan prasarana, sarana, utilitas berupa teknologi air siap minum di pula-pulau dan kawasan pesisir. (Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Upaya antisipasi dampak El Nino lewat TMC, sudah disampaikan, tapi sampai saat ini Pemprov Sulsel belum merealisasikan, karena menurut Hanafi Hamzah, upaya TMC belum terlalu dibutuhkan karena Sulsel belum masuk musim kering ekstrem.

"Saya sudah sampaikan kepada asisten 2 Gubernur dan kepala BPBD Sulsel, tapi beliau mengatakan kalau sudah betul-betul krisis air dan sebagainya baru mungkin dilakukan langkah-langkah ini (TMC)," beber Hanafi Hamzah.

Baca Juga: BPBD Sulsel Antisipasi Dampak Kekeringan Akibat El Nino

3. Dampak El Nino

Waspada Dampak El Nino, BMKG Makassar Imbau Semua Pihak Hemat Air Kabid Data dan Informasi BMKG Wilayah IV Makassar, Hanafi Hamzah. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Hanafi menambahkan, terkait dampak El Nino tahun ini diprediksi masih terbilang rendah hingga sedang. Hal itu, kata dia, sesuai dengan kesepakatan dari badan dunia World Meteorological Organization (WMO).

"Berbagai biro meteorologi yang ada di seluruh dunia itu sepakat perkirakan El Nino tahun ini dalam skala rendah hingga sedang. Jadi tidak masuk dalam kategori yang ekstrem, jadi sedang-sedang saja," tambahnya.

Baca Juga: Antisipasi Dampak El Nino, Pemprov Sulsel Optimalkan Irigasi Lahan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya