Pria di Makassar Bunuh Wanita Teman Kencan karena Sakit Hati

Pelaku mencuri uang dan sejumlah barang milik korban

Makassar, IDN Times - Irwan Yusuf (26) warga Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), dibekuk anggota Reserse Mobil (Resmob) Polda Sulsel, Sabtu, 5 November 2022 usai membunuh seorang wanita, AR (26).

Kepala Unit Resmob Polda Sulsel, Kompol Dharma Negara menyebutkan, Irwan Yusuf ditangkap karena membunuh AR pada 2 November 2022 lalu di Kabupaten Gowa.

"Yang bersangkutan diamankan di daerah Barru, TKP pembunuhan di rumah korban di Gowa," ungkap Dharma kepada IDN Times Sulsel saat dikonfirmasi.

Yusuf jadi buronan empat hari usai membunuh AR di Jalan Syekh Yusuf, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa. Pelaku ditangkap di Jalan Lasawedi, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru.

1. Baru kenalan, pelaku nekat bunuh korban karena sakit hati

Pria di Makassar Bunuh Wanita Teman Kencan karena Sakit HatiIlustrasi garis polisi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Hasil interogasi sementara, kata Dharma, pelaku Irwan mengaku tindakan yang dia lakukan karena sakit hati kepada korban yang dituduh mencuri sejumlah uang di tempat kerja korban.

"Jadi diduga ada yang melapor ke pelaku kalau korban curi uang bosnya sehingga pelaku sakit hati. Jadi pelaku dan korban ini baru kenalan kurang lebih satu minggu terakhir, bukan selingkuh," katanya.

2. Makan bersama, berhubungan badan dan lalu membunuh

Pria di Makassar Bunuh Wanita Teman Kencan karena Sakit HatiPisau yang digunakan pelaku membunuh korban. (Istimewa)

Berdasarkan kronologi kejadian, awalnya pada Selasa (1/11/2022) pukul 22.30 Wita, pelaku menjemput korban di rumah bosnya di Jalan Daeng Tata Makassar. Pelaku pun mengajak korban membeli lauk untuk makan malam.

"Setelah makan bersama di rumah korban, mereka ngobrol dan korban akui dituduh curi uang bosnya, korban pun ke kamarnya dan memanggil pelaku masuk dan pelaku minta hubungan badan," terang Dharma.

Setelah berhubungan badan, pelaku dan korban tertidur. Pukul 06.00 Wita pagi, pelaku lebih dulu terbangun dan langsung mengambil uang Rp800 ribu milik korban.

"Jadi setelah dapat uang 800 ribu, pelaku langsung ke dapur ambil pisau dapur dan kembali ke kamar dan langsung menikam perut kiri korban sambil membekap wajah korban dengan selimut," jelas Dharma.

3. Pelaku berusaha tenang, dan hendak menghilangkan bukti

Pria di Makassar Bunuh Wanita Teman Kencan karena Sakit HatiPelaku pembunuhan, Irwan Yusuf (26) saat diamankan Resmob Polda Sulsel. (Istimewa)

Setelah membunuh korban, lanjut Dharma, pelaku mengatakan tidak langsung kabur, tetapi pelaku diduga berusaha untuk bisa menghilangkan jejak pembunuhan itu.

"Jadi setelah memastikan korban tewas, pelaku lalu menutupi korban dengan kain selimut, pelaku mencuci pisau di kamar mandi. Setelah itu pelaku sempat duduk di sofa menenangkan pikiran," ujar Dharma.

"Mungkin setelah merasa tenang, pelaku ambil semua barangnya di rumah korban seperti sepatu tiga pasang, raket beserta tasnya dan mengambil pisau yang dipakai membunuh, kemudian pelaku kabur pakai motor miliknya pelaku," tambahnya.

Catatan polisi, Irwan adalah residivis, dia pernah terlibat kasus pencurian kendaraan motor (Curanmor). Kini dia telah dijemput pihak penyidik Polres Gowa untuk kembali diproses hukum kasus pembunuhan.

Baca Juga: Pelaku Penyerangan Sadis Kantor Koperasi di Gowa Belum Diidentifikasi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya