PPKM Dicabut, Pelindo Makassar Masih Berlakukan Wajib Vaksin COVID

Pelindo 4 Makassar masih tunggu kebijakan KKP

Makassar, IDN Times - Pihak Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 4 Makassar, masih menunggu kebijakan Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) tentang syarat perjalanan bagi penumpang kapal laut, setelah pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM.

"Apakah (syarat perjalanan) masih wajib atau tidak untuk digunakan," kata General Manager Pelindo Regional 4, Suhadi Hamid kepada IDN Times Sulsel, Jumat (6/1/2023).

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo secara resmi mengumumkan pencabutan kebijakan PPKM pada Jumat (30/12/2022).

1. Pelindo sebut calon penumpang harus vaksin

PPKM Dicabut, Pelindo Makassar Masih Berlakukan Wajib Vaksin COVIDAktivitas penumpang di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar. IDN Times/Dahrul Amri

Saat ini, menurut Suhadi, aturan yang berlaku yaitu para penumpang kapal laut diwajibkan telah menjalani vaksinasi COVID-19 sebelum melakukan perjalanan.

"Tentu demi kebaikan bersama, tetap kita sampaikan juga kepada calon penumpang bahwa bagi yang belum vaksin untuk bisa melakukan vaksin," kata Suhadi Hamid.

2. Masih ada program vaksin gratis di KKP Makassar

PPKM Dicabut, Pelindo Makassar Masih Berlakukan Wajib Vaksin COVIDilustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Aditya Pratama)

Untuk memudahkan calon penumpang di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar mendapatkan vaksin COVID-19, KKP Makassar hingga kini masih menyediakan vaksinasi gratis.

"Bagi calon penumpang bisa langsung ke kantor KKP Makassar untuk mengikuti vaksi, dan tidak dipungut bayaran. Cukup membawa kartu indentitas diri seperti KTP atau tanda pengenal diri," jelas Suhadi.

3. PPKM dicabut, Disbudpar Sulsel dapat angin segar

PPKM Dicabut, Pelindo Makassar Masih Berlakukan Wajib Vaksin COVIDSalah satu kapal penumpang saat bersandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar. (IDN Times Sulsel/Dahrul Amri)

Pencabutan PPKM, pada umumnya membawa angin segar bagi pemulihan ekonomi pasca pandemik. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan menilai, pencabutan PPKM membuat industri perjalann wisata kembali menggeliat.

"Tentu kita berharap juga dengan adanya pencabutan PPKM ini maka sektor-sektor ekonomi kreatif, sektor-sektor kebudayaan yang mungkin kemarin itu masih terbatasi dengan adanya PPKM ini," kata Sekertaris Disbudpar Sulsel, Devo Khadafi.

Untuk itu, pihak Disbubpar Sulsel segera mempersiapkan industri pariwisata dari segi ekonomi kreatif dan juga kebudayaan. Seperti jumlah event-event pariwisata yang sebelumnya terbatas dan berskala kecil itu akan ditingkatkan lagi kedepannya.

Baca Juga: Penumpang Kapal di Pelabuhan Makassar Diprediksi Meningkat saat Nataru

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya