Polisi Tangkap 8 Remaja Pelaku Begal Sadis di Makassar

Pelaku tega menebas tangan salah satu korbannya

Makassar, IDN Times - Aparat gabungan kepolisian menangkap delapan terduga pelaku begal di wilayah Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (30/10/2022). Pelakunya rata-rata remaja berusia di bawah 17 tahun.

Polisi mengejar para pelaku usai menerima laporan pencurian dengan kekerasan. Saat beraksi, komplotan begal ini terbilang sadis karena nekat melukai korbannya.

"Delapan pelaku yang diamankan, tujuh pelaku masih di bawah umur. Mereka masih ditahan dan diproses," kata Kepala Seksi Humas Polrestabes Makassar Lando Karua Sambolangi saat dikonfirmasi IDN Times, Senin (31/10/2022).

Lando mengatakan, penangkapan melibatkan tim Reserse Kriminal Polsek Biringkanaya dan Jatanras Polrestabes Makassar. Para pelaku, masing-masing, Pr alias Botak (16), Irh (17), Ft alias Pitta (15), Ar alias Ekking (16), Pp (16), Ir alias Idul (15), Rb alias Jack (17), dan Mr alias Rehan (18).

Baca Juga: Polisi Makassar Tangkap 16 Siswa SMP Terlibat Tawuran Pakai Panah

1. Korban ditebas di jari dan pergelangan tangan

Polisi Tangkap 8 Remaja Pelaku Begal Sadis di MakassarIlustrasi senjata tajam. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Sebelumnya, polisi menerima laporan pencurian dengan kekerasan di perumahan Yayasan Gubernur, Kelurahan Paccerakkang, Biringkanaya. Pelaku datang berkelompok merampas HP seorang warga serta melukai korban. Saat kejadian, korban tengah beristirahat di teras masjid, tak jauh dari teman-temannya yang sedang bermain tenis meja.

"Jadi aksi curas ini dua korban mengalami luka tebasan benda tajam di jari tangannya dan pergelangan tangan. Setelah itu baru pelaku merampas HP milik salah satu korban dan kabur," kata AKP Lando.

2. Belum ada pelaku mengaku lukai korban

Polisi Tangkap 8 Remaja Pelaku Begal Sadis di MakassarIlustrasi - salah satu pelaku begal masih dibawah umur saat diamankan polisi. (Istimewa)

Dari interogasi sementara, Lando mengatakan, delapan pelaku mengakui perbuatan pencurian dengan kekerasan. Namun di antara mereka, belum ada yang mengaku melukai korban. Tapi tentu polisi tidak berhenti pada pengakuan pelaku, dan tengah menyelidiki lebih lanjut kasus ini.

"Para pelaku yang diamankan ini mengaku hanya melempar memakai batu, ada yang berperan sebagai joki motor, itu saja. Dan tentunya kasus ini masih dikembangkan lagi," ucap Lando.

3. Enam pelaku lain masih dikejar

Polisi Tangkap 8 Remaja Pelaku Begal Sadis di MakassarBarang bukti kendaraan yang dipakai pelaku begal diamankan polisi. (Istimewa)

Lando menambahkan, dari hasil penyelidikan serta keterangan pelaku, polisi masih mengejar pelaku lain. Masih ada pelaku penyerangan belum tertangkap.

"Masih ada sekitar enam orang masih buron. Diduga satu atau dua pelaku yang dalam pengejaran itu yang menebas tangan korban," ujar Lando.

Baca Juga: Wali Kota Danny Pomanto Ingatkan Ancaman Varian Baru COVID-19

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya