Polisi Siapkan Pengamanan Cap Go Meh di Makassar

Kegiatan tahunan itu dipusatkan di sepanjang Jalan Sulawesi

Makassar, IDN Times - Cap Go Meh, akhir dari rangkaian perayaan tahun baru Imlek, akan berlangsung pada 5 Februari 2023. Di Makassar, perayaan rutin tahunan dipusatkan di sepanjang Jalan Sulawesi, Kecamatan Wajo, yang dikenal sebagai bagian kawasan pecinan.

Kepolisian dari Polres Pelabuhan Makassar mempersiapkan sistem pengamanan menyambut momen itu. Seperti tahun sebelumnya, kali ini juga digelar festival bertajuk Jappa Jokka Cap Go Meh.

"Tentunya sistem pengamanan khusus sudah kami siapkan bersama instansi terkait, dari pihak kecamatan dan penyelenggara," kata Kepala Bagian Operasi Polres Pelabuhan, Kompol Morens, Rabu (1/2/2023).

Baca Juga: Jelang Imlek, Klenteng Xian Ma di Makassar Berhias

1. Polisi libatkan empat ratusan personel

Polisi Siapkan Pengamanan Cap Go Meh di MakassarIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Pihak kepolisian mengatakan, pengamanan khusus disiapkan karena perayaan Cap Go Meh tidak cuma diramaikan komunitas warga Tionghoa. Cap Go Meh juga jadi ajang berkumpul masyarakat umum.

Kompol Morens mengatakan, pihaknya akan mengerahkan 420 personel gabungan. Petugas terdiri dari Ditsamapta Polda Sulsel, Satuan Brimob Polda Susel, pihak TNI Kodim, dan Satpol PP Makassar.

"Pusatnya di jalan sulawesi, makanya polanya nanti pengamanan buka-tutup (jalan). Jadi sepanjang 800 meter dari jalan Sangir sampai jalan Riburane itu kita sterilkan dan kita tempatkan semua personel," kata Morens.

2. Sebanyak 35 titik pengamanan tersebar di jalan Sulawesi

Polisi Siapkan Pengamanan Cap Go Meh di MakassarIDN Times/Imam Rosidin

Pihak Polres Pelabuhan Makassar menempatkan sekitar 35 titik penjagaan ketat oleh aparat gabungan. Selain jadi titik pengamanan, pos-pos juga disiagakan untuk rekayasa lalu ulintas.

"Makanya kami terus koordinasi dengan semua instansi agar kegiatan berlalu lintas tetap jalan dan yang terpenting kegiatan nanti itu masyarakat bisa menikmati aman," ucap Morens.

Pada tanggal 5 Februari nanti pihak kepolisian akan melakukan penutupan Jalan Sulawesi yang menjadi lokasi pusat perayaan. Penutupan akan mulai dilakukan dari pukul 05.00 Wita pagi sampai kegiatan selesai.

3. Cap Go Meh diramaikan festival UMKM

Polisi Siapkan Pengamanan Cap Go Meh di MakassarPerayaan Cap Go Meh di Makassar / Sahrul Ramadan

Sementara itu, koodinator Event Organizer (EO) Cap Go Meh Makassar, Rosmini Hamid mengatakan, dalam pelaksanaan perayaan nanti tidak hanya mengenalkan festival budaya Tionghoa saja. Melainkan ada festival hiburan untuk masyarakat, termasuk stan-stan kuliner.

"Akan dihadirkan dan dilibatkan 150 pelaku UMKM yang didominasi kuliner. Cap go meh jadi puncak teman-teman Tionghoa dari mana pun mereka akan pulang kampung, sama orang lebaran," kata Rosmini.

Baca Juga: Jangan Salah, Ini Beda Cap Go Meh, Sa Cap Me, dan Ceng Beng

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya