Jelang Imlek, Klenteng Xian Ma di Makassar Berhias

Ritual membersihkan patung sudah dilaksanakan

Makassar, IDN Times - Dalam rangka menyambut perayaan tahun baru Imlek 2574, Klenteng Xian Ma di Kota Makassar, mulai berhias. Ritual memandikan patung-patung dewa dan dewi juga telah dilaksanakan. 

Para pengurus dari Klenteng terbesar di Makassar itu sejak beberapa hari lalu telah menyiapkan berbagai hal demi kelancaran dan kemeriahan tahun baru Imlek yang jatuh pada Minggu, 22 Januari 2023 mendatang.

"Kalau persiapan sih sudah hampir 100 persen. Semuanya sudah dibersihkan supaya orang beribadah juga nyaman," kata Humas Klenteng Xian Ma, Robbyanto Rusli, kepada IDN Times, Jumat (20/1/2023).

Baca Juga: Potret Malam Teduh Imlek di Klenteng Xian Ma Makassar

1. Dihiasi lampion warna warni

Jelang Imlek, Klenteng Xian Ma di Makassar BerhiasPekerja tampak memasang lampion warna warni di Klenteng Xian Ma, Makassar, Kamis (19/1/2023). IDN Times/Asrhawi Muin

Dari pantauan IDN Times, terlihat sejumlah aktivitas persiapan Imlek di klenteng tersebut. Tampak beberapa orang sedang memasang dan menghias lampion. 

Di bagian depan, sejumlah orang terlihat memasang lampion warna warni. Salah seorang menggunakan tangga untuk naik ke langit-langit tempat lampion itu digantung.

Di bagian dalam, tampak beberapa orang juga sedang membersihkan lantai hingga patung-patung. Bagi warga Tionghoa, pembersihan patung merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada dewa-dewi. 

Mereka juga terlihat menambahkan dupa untuk digunakan bersembahyang.

2. Makna shio Kelinci Air

Jelang Imlek, Klenteng Xian Ma di Makassar BerhiasKlenteng Xian Ma, Makassar, Kamis (19/1/2023). IDN Times/Asrhawi Muin

Tahun baru Imlek 2754 ini merupakan tahun shio kelinci air. Kelinci air ini diyakini memiliki sifat ramah, tenang dan tidak terlalu banyak masalah. Shio kelinci air ini juga diyakini menambah keberuntungan.

Menurut Robby, semua shio sebenarnya baik. Namun untuk tahun shio kelinci ini tetap diharapkan lebih baik dan lebih makmur dari sebelumnya. 

"Kita pasti mau yang terbaik. Tahun-tahun sebelumnya kan kita berharap lepasa dari pandemik COVID-19, sekarang syukur sudah endemik. Harapan kita lagi semoga dunia damai, apalagi sekarang ada perang Ukraina dengan Rusia," kata Robby.

3. Klenteng siapkan pertujukan barongsai

Jelang Imlek, Klenteng Xian Ma di Makassar Berhiasilustrasi barongsai (unsplash.com/Scribbling Geek)

Seperti tahun sebelumnya, Klenteng Xian Ma juga akan tetap menampilkan atraksi barongsai. Atraksi ini sempat ditiadakan dua tahun saat pandemik COVID-19.

Atraksi barongsai ini tak hanya dinikmati oleh warga keturunan Tionghoa saja. Warga Makassar biasanya turut menikmati pertunjukan barongsai ini sebagai hiburan tatkala Imlek.

"Barongsai ada. Pokonya nanti ramailah," kata Robby. 

Baca Juga: Imlek di Klenteng Xian Ma Makassar, Ibarat Pesta Rakyat

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya