Imlek di Klenteng Xian Ma Makassar, Ibarat Pesta Rakyat

Terbuka untuk umum hingga Cap Go Meh

Makassar, IDN Times - Pengurus Klenteng Xian Ma Istana Naga Sakti yang berlokasi di Jalan Sulawesi Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mulai bersolek menyambut perayaan Imlek. Salah satu klenteng tertua di Makassar itu akan menggelar ibadah penyambutan Tahun Baru Tionghoa 2570, Senin (4/2) malam.

Humas Klenteng Xian Ma Robbyanto Rusli mengatakan bahwa di Makassar, Imlek bukan sekadar perayaan penting bagi orang Tionghoa. Sebab orang dari berbagai latar belakang turut meramaikan momen tahunan tersebut. Klenteng terbuka untuk dikunjungi masyarakat umum yang ingin berbagi kebahagiaan dan suka cita.

“Saudara-saudara kita banyak yang datang, karena mereka ingin tahu tradisinya orang keturunan. Di Makassar toleransi sangat besar, Imlek sama dengan pesta rakyat,” kata Robbyanto, Sabtu (2/2).

1. Momen berkumpul jadi tradisi tahunan

Imlek di Klenteng Xian Ma Makassar, Ibarat Pesta RakyatIDN Times / Aan Pranata

Robby mengungkapkan, masyarakat keturunan Tionghoa akan merayakan Tahun Baru Imlek 2570 dengan beberapa kali bersembahyang sebagai tanda rasa syukur. Antara lain pada malam pergantian tahun Senin (4/2) malam, lalu dilanjut pada Selasa (5/2) pagi.

Ibadah Sembahyang Tinggi kemudian digelar pada 12 Februari, sebelum mencapai puncaknya pada Cap Go Meh, 15 hari setelah tahun baru, tepatnya 19 Februari.

“Kita sudah melalui satu tahun. Jadi kita bersembahyang untuk berterima kasih karena telah diberi kesempatan, keselamatan, dan kesehatan,” kata Robby.

Di sela ibadah, masyarakat Tionghoa juga berbaur dan bersilaturahmi dengan berbagai golongan masyarakat di malam Imlek. Sebab pada momen tersebut di jalan-jalan di kawasan sekitar klenteng yang dipenuhi lampion biasanya tersedia beragam hiburan, atraksi barongsai, hingga pameran kuliner khas Tionghoa.

“Klenteng juga selalu terbuka sampai Cap Go Meh, jadi akan ramai sekali,” dia melanjutkan.

2. Pengurus klenteng gelar rumpang dewa jelang Imlek

Imlek di Klenteng Xian Ma Makassar, Ibarat Pesta RakyatIDN Times / Aan Pranata

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pengurus Klenteng Xian Ma Makassar rutin menggelar rumpang dewa menjelang perayaan Imlek. Proses ini merupakan pembersihan patung dewa-dewi serta seluruh bagian klenteng. 

Pembersihan dilakukan empat hari sejak 25 Januari 2019. Puncaknya pada 30 Januari 2019, saat pakaian patung diganti dengan yang baru. Penggantian pakaian antara lain untuk patung Dewi Xian Ma, patung dewa pengobatan Bao Sheng Da Di, dan patung dewa rezeki Wu Lu Cai Shen. 

“Penggantian pakaian memang rutinitas di klenteng seluruh Indonesia. Kita yang merayakan Imlek kan pakai baju baru, alangkah baiknya kalau dewa-dewi juga begitu,” ujar Robby.

3. Shio babi dan ular jangan khawatir nasib buruk

Imlek di Klenteng Xian Ma Makassar, Ibarat Pesta Rakyatkentonline.co.uk

Tahun 2019 masehi atau 2570 penanggalan Tionghoa disebut tidak cocok bagi peruntungan orang dengan Shio babi dan ular. Namun menurut Robby, hal itu jangan sampai jadi kekhawatiran berlebih. Sebab bukan berarti sepanjang tahun, orang dengan shio babi dan ular akan bernasib buruk.

Robby mengungkapkan, orang dengan shio di atas hanya dianjurkan agar lebih berhati-hati dibandingkan tahun yang lain. Misalnya, jangan mengambil atau melakukan sesuatu yang berisiko. 

“Kita setiap hari sembahyang, masa tidak dikasi rezeki. Cuma memang mungkin ada yang tertunda,” dia menjelaskan.

Baca Juga: Selain 'Gong Xi Fa Cai', 6 Ucapan Ini Bisa Disampaikan Saat Imlek

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya