Pencuri Tewas usai Ditangkap, 3 Anggota Polrestabes Makassar Diperiksa

Reskrim Polrestabes masih proses laporan keluarga Maman

Makassar, IDN Times - Tiga anggota Reserse Kriminal Polrestabes Makassar diperiksa, terkait kasus terduga pelaku kejahatan atas nama Darmawan alias Maman (47) yang meninggal saat ditangkap.

"Ya memang tiga anggota saya yang diperiksa oleh Propam (Polrestabes), hasilnya di Propam," ungkap Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Ridwan Hutagaol kepada IDN Times, Jumat (25/8/2023).

Diberitakan sebelumnya, Maman meninggal dunia saat ditangkap tim Reserse Kriminal (Reskrim) Polrestabes Makassar di Jalan Tinumbu, Kelurahan Buangaejaya, Kecamatan Bontoala, Kota Makassar, Rabu (23/8) sekitar 16.15 Wita.

1. Reskrim Polrestabes Makassar masih proses laporan keluarga Maman

Pencuri Tewas usai Ditangkap, 3 Anggota Polrestabes Makassar DiperiksaSuasana depan ruang piket Reskrim Polrestabes Makassar. Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Selain tiga anggota Reserse yang sudah diperiksa oleh penyidik Propam Polrestabes Makassar, Ridwan juga menerangkan saat ini penyidiknya sementara memproses laporan dari pihak keluarga soal perkara pidana.

"Itu (laporan keluarga korban) kan lagi diproses, dan kita hormati laporan itu karena kan juga saat ini pihak keluarga masih dalam posisi berduka jadi kita belum bisa lakukan proses pemeriksaan," terangnya.

Keluarga menduga, saat proses penangkapan Maman dilakukan tiga anggota Reserse ada dugaan tindakan kekerasan dilakukan anggota. Untuk itu, Polrestabes mendorong keluarga untuk melaporkan itu.

2. Dugaan penganiayaan

Pencuri Tewas usai Ditangkap, 3 Anggota Polrestabes Makassar DiperiksaKasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Ridwan J.M Hutagaol. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Sementara itu terkait dugaan penganiayaan seperti kemaluan korban yang diinjak dan disebutkan ada bunyi tembakan dilakukan tiga anggota Reserse, Ridwan mengaku dia tidak bisa beri banyak keterangan.

"Terkait itu (penganiayaan) kita tidak tahu kan tidak di lokasi, dan itu nanti kita lihat dari bagaimana hasil pemeriksaan Propam dan pembuktian anggota, apakah yang dilapor itu betul atau tidak kan?," jelas Ridwan.

3. Polisi sebut Maman sedang mabuk saat ditangkap

Pencuri Tewas usai Ditangkap, 3 Anggota Polrestabes Makassar DiperiksaDarmawan alias Maman (47) terduga pelaku kejahatan yang meninggal dunia saat ditangkap polisi di Makassar. (Istimewa)

Sebelumnya, Ridwan menyebutkan saat penangkapan Maman yang merupakan pelaku pencurian handphone ini, pelaku sementara mengkonsumsi minuman keras, dan saat itu pelaku juga memberontak.

"Pelaku ini kita tidak tahu pingsan atau apa, dan masyarakat di lokasi melakukan penyerangan sehingga anggota amankan diri dari serangan itu dan anggota kena pukul," kata Ridwan kepada wartawan, Rabu malam.

"Penangkapan sudah sesuai prosedur, ada tiga anggota yang melakukan penangkapan. Soal itu tadi korban tersentak atau tidak kita tidak tahu, makanya kita mendorong untuk melakukan autopsi," sambungnya.

Dalam catatan tindak kriminal dilakukan Maman, polisi mempunyai 6 bukti Laporan Polisi (LP) terkait dengan kasus pencurian handphone yang pernah terekam CCTV.

Baca Juga: Viral Pencuri di Makassar Tewas saat Ditangkap Polisi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya