Pencarian Anggota TNI Hilang di Sungai Toraja Utara Sulsel Dihentikan

Dihentikan berdasarkan kesepakatan keluarga

Makassar, IDN Times - Pencarian Serda Amiruddin, anggota TNI yang hilang usai hanyut dan terseret arus di sungai Maiting, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel), dihentikan, Selasa (15/11/2022).

Kepala Operasional dan Siaga Basarnas Sulsel, Muhammad Rizal mengungkapkan pencarian dihentikan oleh tim gabungan SAR karena sudah memasuki hari ketujuh.

"Proses pencarian memasuki hari ketujuh dan tidak ada tanda-tanda keberadaannya korban, proses pencarian ditutup juga atas kesepakatan keluarga," kata Rizal kepada IDN Times Sulsel, Rabu siang (16/11).

Diberitakan sebelumnya, Serda Amiruddin terjatuh setelah dia terpeleset saat hendak melakukan pencarian terhadap ibunya di sungai Maiting, pada Selasa 8 November 2022 lalu.

1. Dihentikan berdasarkan kesepakatan keluarga

Pencarian Anggota TNI Hilang di Sungai Toraja Utara Sulsel DihentikanAnggota TNI bantu mencari rekannya yang terjatuh ke sungai Maiting, Toraja Utara. (Istimewa)

Proses pencarian sampai hari ketujuh itu dilakukan dengan menyisir kembali hulu sungai menuju hilir. Namun kondisi arus yang kuat dan dipenuhi bebatuan menyulitkan tim SAR saat menyisir aliran dan bibir sungai.

Kata Rizal, sesuai prosedur yang diatur dalam undang-undang, proses pencarian dilakukan selama tujuh hari dan bisa dilanjutkan apabila ditemukan tanda-tanda keberadaan korban di sekitar aliran sungai.

"Tapi dari hasil evaluasi tim SAR gabungan di lapangan, mempertimbangkan kondisi medan sungai yang ekstrem, dan termasuk kesepakatan pihak keluarga, dengan berat hati proses pencarian ditutup," ujar Rizal.

2. Basarnas Sulsel: kami menyampaikan duka mendalam

Pencarian Anggota TNI Hilang di Sungai Toraja Utara Sulsel DihentikanApel Siaga Nataru Basarnas Sulsel/ Dok. Basarnas Sulsel

Rizal mengatakan, upaya maksimal telah dilakukan Tim SAR Gabungan selama tujuh hari pencarian, namun tidak menemukan keberadaan korban, karenanya status korban dinyatakan hilang.

"Kami dari Basarnas Sulsel bersama Tim SAR Gabungan menyampaikan duka yang mendalam kepada keluarga korban dan kepada rekan-rekan dari TNI Kodim Toraja Utara tempat korban bertugas," lanjutnya.

3. Pencarain Serda Amiruddin dilakukan non-stop

Pencarian Anggota TNI Hilang di Sungai Toraja Utara Sulsel DihentikanTim Basarnas Sulsel menyisir sungai Maiting di Toraja Utara. (Istimewa)

Sebelumnya, pencarian dilakukan oleh tim gabungan SAR TNI Polri bersama Basarnas dan komunitas SAR di Palopo dan Toraja.

"Pencarian sampai hari ketiga masih terus kita lakukan, banyak bantuan personil juga organisasi pencinta hobi rafting juga yang membantu dalam proses pencarian," kata Rizal kepada IDN Times beberapa waktu lalu.

Selain adanya tambahan bantuan personil dari organisasi pencinta hobi rafting, kata Rizal, ada juga tambahan bantuan personil Basarnas dari Makassar yang ke Toraja.

"Kami sudah tambah ini personil lagi dari Makassar untuk bantu pencarian, ada satu regu berisi delapan orang yang datang, ini malam (Jumat) mereka tiba dan semoga besok ada hasil pencarian," kata Rizal.

Dalam proses pencarian itu, Rizal menjelaskan, tim SAR telah memperluas jarak pencarian hingga 10 kilometer dengan tiga tim pencari. Namun, hasilnya masih tetap nihil.

Baca Juga: Anggota TNI Hanyut di Sungai Toraja Utara Belum Ditemukan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya