Layout Baru Praktik Ujian SIM C, Warga Makassar Anggap Lebih Mudah

Ujian teori dianggap lebih sulit daripada praktik

Makassar, IDN Times - Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar sudah menerapkan layout baru ujian praktik SIM C, sejak Senin (7/8/2023). Tidak ada lagi ujian berkendara di lintasan model angka delapan dan zig-zag yang banyak dikeluhkan pemohon SIM. 

Menurut sebagian pemohon SIM C, layout baru ujian praktik lebih mudah. Seperti yang diakui Riska Awalia Rustam (20). Dia menjajal lintasan untuk mempraktikkan sejumlah ujian berkendara sepeda motor, seperti mengerem dan berbelok.

"Menurut saya praktik ujian saya ini yang huruf S itu sangat mudah dan bagus dibandingkan dengan uji praktik yang berbentuk angka 8, itu agak sulit," kata Riska kepada IDN Times Sulsel, Jumat (11/8/2023).

Baca Juga: Penampakan Ujian Praktik Baru SIM C di Makassar, Diklaim Lebih Mudah

1. Tidak mudah pemohon SIM C sampai lolos uji praktik

Layout Baru Praktik Ujian SIM C, Warga Makassar Anggap Lebih Mudahnampak lintasan atau sirkuit uji SIM C berbentuk huruf S di Satpas Lantas Polrestabes Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Petugas uji praktik SIM Satlantas Polrestabes Makassar Aiptu Sembiring mengatakan, ujian praktik SIM C dengan layout baru memang lebih mudah. Namun tidak semua pemohon SIM bisa lolos ke ujian praktik, karena banyak yang tertahan di uji teori.

"Sebenarnya tidak mudah itu sampai di tahap ini karena kan ada uji teori dulu, kalau di situ tidak lolos bagaimana mau lanjut ke uji lapangan ini," kata Sembiring.

2. Banyak pemohon SIM C tidak lolos uji teori

Layout Baru Praktik Ujian SIM C, Warga Makassar Anggap Lebih MudahLayout baru ujian praktik SIM C di Makassar. (IDN Times/Dahrul Amri)

Sembiring mengatakan, pemohon SIM C harus memenuhi sejumlah persyaratan. Setelah mendaftar dengan melampirkan berkas administrasi KTP, pemohon menjalani tes kesehatan, lalu dilanjutkan uji teori dan praktik lapangan.

Dia menyebut setiap hari ada banyak pemohon SIM C, namun tidak semua bisa lolos ke tahap akhir. Dia mencontohkan, jika ada total 20 pemohon, biasanya hanya setengah yang lolos. 

"Syukur kalau 10 pemohon SIM baru lolos sampai tahap uji praktik, kebanyakan tidak lolos di ujian teorinya yang mengisi jawaban di komputer. makanya di sini (uji praktik) sehari itu paling 10 peserta," ujarnya.

"Biasanya kalau tidak lolos di ujian teori itu disuruh pulang dulu satu atau dua hari baru diminta kembali mengikuti ujian teori lagi, setelah itu baru di bisa ikut ujian praktik," Sembiring melanjutkan.

3. Uji praktik SIM C dari angka 8 ke S berdasarkan perintah

Layout Baru Praktik Ujian SIM C, Warga Makassar Anggap Lebih MudahLayout baru ujian praktik SIM C di Makassar. (IDN Times/Dahrul Amri)

Satuan Lalulintas Polrestabes Makassar menerapkan model baru ujian praktik surat izin mengemudi (SIM) C untuk pengendara motor. Pada model baru ujian, tidak ada lagi praktik mengendara di lintasan berbentuk angka delapan yang banyak dikeluhkan masyarakat.

Hal itu diungkapkan Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhamad Ngajib. Dia mengatakan perubahan model ujian praktik SIM C berlaku secara nasional sesuai instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Kita mendasari pada perintah bapak Kapolri dan bapak Kapolda, berdasarkan surat putusan dari Kakorlantas Polri nomor 105/VIII/2023 tanggal 4 Agustus 2023 tentang perubahan lapangan ujian praktik SIM," kata Ngajib di Makassar, Senin (7/8/2023).

Ngajib menuturkan, ada beberapa perubahan dalam ujian praktik SIM C. Di antaranya mengganti layout lintasan dari model angka delapan jadi huruf S. Selain itu, pada praktik ujian terhadap beberapa ujian pengereman dan putaran U.

Ngajib menyebut layout ujian praktik SIM C disesuaikan dengan kondisi yang dihadapi pengendara di jalan raya. "Pengereman pertama rangka menghindari dan berhenti (ke arah kiri dan kanan)," ucapnya.

Kapolrestabes mengatakan, perubahan layout ujian praktik SIM C berdasarkan masukan masyarakat. Diharapkan perubahan itu bisa mempermudah masyarakat saat proses ujian.

"Empat materi pengujian yang diubah ini dalam rangka untuk memberi kemudahan kepada para pemohon SIM," katanya.

Baca Juga: SIM C: Syarat, Cara Membuat SIM C dan Biaya Pembuatan SIM C

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya