Penampakan Ujian Praktik Baru SIM C di Makassar, Diklaim Lebih Mudah

Tidak ada lagi ujian mengemudi di lintasan angka delapan

Makassar, IDN Times - Satuan Lalulintas Polrestabes Makassar menerapkan model baru ujian praktik surat izin mengemudi (SIM) C untuk pengendara motor. Pada model baru ujian, tidak ada lagi praktik mengendara di lintasan berbentuk angka delapan yang banyak dikeluhkan masyarakat.

Hal itu diungkapkan Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhamad Ngajib. Dia mengatakan perubahan model ujian praktik SIM C berlaku secara nasional sesuai instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Kita mendasari pada perintah bapak Kapolri dan bapak Kapolda, berdasarkan surat putusan dari Kakorlantas Polri nomor 105/VIII/2023 tanggal 4 Agustus 2023 tentang perubahan lapangan ujian praktik SIM," kata Ngajib di Makassar, Senin (7/8/2023).

Baca Juga: Ujian SIM C Model Baru Serempak Berlaku Nasional Mulai 7 Agustus 2023

1. Layout nomor delapan diubah jadi model huruf S

Penampakan Ujian Praktik Baru SIM C di Makassar, Diklaim Lebih MudahLayout baru ujian praktik SIM C di Makassar. (IDN Times/Dahrul Amri)

Kombes Ngajib menuturkan, ada beberapa perubahan dalam ujian praktik SIM C. Di antaranya mengganti layout lintasan dari model angka delapan jadi huruf S. Selain itu, pada praktik ujian terhadap beberapa ujian pengereman dan putaran U.

Ngajib menyebut layout ujian praktik SIM C disesuaikan dengan kondisi yang dihadapi pengendara di jalan raya. "Pengereman pertama rangka menghindari dan berhenti (ke arah kiri dan kanan)," ucapnya.

2. Perubahan praktik SIM C diharapkan mempermudah pemohon

Kapolrestabes mengatakan, perubahan layout ujian praktik SIM C berdasarkan masukan masyarakat. Diharapkan perubahan itu bisa mempermudah masyarakat saat proses ujian.

"Empat materi pengujian yang diubah ini dalam rangka untuk memberi kemudahan kepada para pemohon SIM," katanya.

3. Model baru ujian praktik SIM C juga menghindari penyimpangan

Penampakan Ujian Praktik Baru SIM C di Makassar, Diklaim Lebih MudahIlustrasi Pelayanan Pembuatan SIM (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Menurut Ngajib, kalau melihat perubahan layout ujian praktik SIM C, masyarakat tidak akan mengalami kesulitan. Selama ini ada anggapan ujian sengaja dipersulit untuk penyimpangan dalam pengurusan SIM.

"Ini juga dalam rangka menghindari ada praktik penyimpangan pembuatan SIM," Ngajib menambahkan.

Baca Juga: SIM C: Syarat, Cara Membuat SIM C dan Biaya Pembuatan SIM C

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya