Kirim Foto Kelamin ke Siswi SMA, Sekdes di Bone Ditangkap

Pelaku minta nomor WAdan mengajak korban berhubungan badan

Makassar, IDN Times - Petugas Cybercrime Polda Sulawesi Selatan menangkap seorang Sekretaris Desa di Kabupaten Bone dengan dugaan tindakan asusila kepada anak. Sekdes berinisial SA itu dilaporkan mengirimkan foto alat kelaminnya kepada seorang siswi SMA berusia 16 tahun.

Kepala Subdit Cybercrime Polda Sulsel Kompol Sutomo mengatakan, MS berstatus tersangka terkait Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). MS kini ditahan di Polda Sulsel.

"Jadi tersangka mentransmisikan dan mendistribusikan dokumen atau foto, atau informasi elektronik yang memiliki muatan melanggar kesusilaan sebagaimana yang diatur dalam pasal 27 ayat 1," kata Sutomo kepada wartawan di Makassar, Sabtu (4/2/2023).

Baca Juga: Perahu Terbalik, Pemancing di Bone Ditemukan Tewas

1. Pelaku minta nomor WA korban dan mengajaknya berhubungan badan

Kirim Foto Kelamin ke Siswi SMA, Sekdes di Bone DitangkapIDN Times/Paulus Risang

Kejadian asusila oleh Sekdes di Bone dialami wanita pelajar berusia 16 tahun. Pengacara korban, Sukardi mengatakan, pelaku awalnya mendatangi korban di sebuah masjid pada 21 Desember 2022. Pada pertemuan itu, pelaku langsung meminta nomor kontak WhatsApp korban.

Usai mendapatkan nomor WA korban, pelaku mengirimi pesan berisi ajakan menjalin hubungan gelap. Tapi ajakan itu ditolak mentah-mentah oleh korban.

"Pelaku juga mengajaknya untuk berhubungan badan dan mengiming-imingi korban dengan materi, dan berjanji akan menuruti semua permintaan korban jika korban mau melayani," ujar Sukardi.

2. Korban menolak, pelaku mengirimkan foto kelamin

Kirim Foto Kelamin ke Siswi SMA, Sekdes di Bone DitangkapIlustrasi daerah alat kelamin laki-laki (IDN Times/Mardya Shakti)

Sukardi mengatakan, tindakan pelaku tidak sampai di situ. Saat korban menolak ajakan, pelaku lantas mengirimkan foto alat kelaminnya kepada korban.

"Jadi pelaku ini masih terus merayu klien saya, mengirim foto itu dan juga bilang kepada korban bahwa dia itu mau sama korban karena masih anak-anak," ucap Sukardi dalam keterangannya.

3. Alasan kasus dilaporkan keluarga ke Polda Sulsel

Kirim Foto Kelamin ke Siswi SMA, Sekdes di Bone DitangkapMarkas Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) di Jl Perintis Kemerdekaan Km 17, Makassar. Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Sukardi menambahkan, kasus kliennya ini dilapor langsung ke markas Polda Sulsel karena ada beberapa pertimbangan. Salah satunya karena korban dan juga keluarga korban mengalami tekanan di kampung.

"Apalagi bapak korban ini sementara dalam pemulihan dan terus didatangani beberapa pihak yang meminta damai terkait kasus ini, keluarga tetap lanjut," ucapnya.

Baca Juga: Polda Sulsel Tangkap Pasutri di Bone Pengedar Obat Psikotropika

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya