Kantor Pos Makassar Sudah Salurkan 33 Persen BLT BBM dan Sembako

Pembagian BLT sembako dan BBM sudah 33 persen

Makassar, IDN Times - PT Pos Indonesia melalui Kantor Cabang Utama (KCU) Pos Indonesia Makassar menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) dan sembako, untuk lima kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kata Eksekutif General Manager KCU Pos Indonesia Makassar, Made Wirata, empat daerah yang membawahi Kota Makassar yaitu, Kabupaten Maros, Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Takalar, dan Gowa.

"Empat daerah itu termasuk Makassar ya, itu kita sudah merealisasikan dari 187,475 KPM (keluarga penerima manfaat) yang sudah dibayarkan 89,930 KPM," kata Made saat dikonfirmasi IDN Times Sulsel di KCU Pos Indonesia Makassar, di Jalan Slamet Riyadi, Makassar, Selasa (13/9/2022).

1. Penyaluran BLT ditarget tuntas pekan depan

Kantor Pos Makassar Sudah Salurkan 33 Persen BLT BBM dan SembakoEksekutif Genderal Manager KCU Pos Indonesia Makassar, Made Wirata saat diwawancarai, Selasa (13/9/2022). (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Lanjut Made menjelaskan, KCU Pos Indonesia Makassar sendiri menargetkan bisa segera menyelesaikan penyaluran BLT BBM pada Minggu (18/9/2022), dengan besaran uang BLT BBM kepada KPM senilai Rp500 ribu.

"Dengan rincian BLT BBM 300 ribu sementara BLT sembako untuk bulan September 200 ribu, jadi total yang kita salurkan 500 ribu," ujar Made.

2. Pembagian BLT sembako dan BBM sudah 33 persen

Kantor Pos Makassar Sudah Salurkan 33 Persen BLT BBM dan SembakoPembagian BLT BBM dan sembako di Kantor Pos Indonesia Manado, Sulawesi Utara, Selasa (13/9/2022). IDNTimes/Ungke Pepotoh/bt

Hingga hari ini, Made menjelaskan, penyaluran BLT BBM untuk wilayah Makassar, Pangkep, Gowa, Maros, dan Takalar sudah mencapai 47,97 persen. Sementara daerah lain di Sulsel seperti Kota Parepare berada di angka 33 persen dari 80,145 PKM, sementara di Palopo 7,15 persen untuk BLT sembako, sedangkan BLT BBM sudah terealisasi 66 persen.

Lalu di Bulukumba ada 112,436 PKM dengan angka realisasi 22,909 PKM atau 20,38 persen, dan Kabupaten Bone 108,845 KPM dengan angka realisasi 35,463 KPM atau 32,48 persen.

"Secara total kita sudah mengalokasikan pencairan (BLT sembako dan BBM) sampai dengan hari ini di kisaran 33 persen lebih. Jadi untuk keseluruhan alokasi BLT BBM dan sembako itu berada di Sulsel di angka 616,800 KPM, BLT-nya 500 ribu," jelas Made.

Baca Juga: BBM Naik, Driver Ojol di Makassar Demo Tuntut Tarif Dinaikkan

3. Pembagian BLT di wilayah kepulauan

Kantor Pos Makassar Sudah Salurkan 33 Persen BLT BBM dan SembakoProses pencairan BLT sembako atau BBM di kantor cabang utama (KCU) Pos Indonesia Makassar, Selasa (13/9/2022). (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Made menambahkan, KCU Pos Indonesia Makassar sudah mempersiapkan petugas Pos untuk diberangkatkan ke beberapa pulau di Takalar dan Pangkep.

"Jadi besok teman-teman berangkat ke Pangkep di kepulauan Kanyurang, Pabiring Selatan dan Utara dan termasuk juga itu di Takalar, pulau Tana Keke," ungkap Made.

"KPM di beberapa kepulauan ini kalau di total ada 5000-an. Jadi kita berupaya agar secepat-cepatnya dan kita tidak lagi untuk memisahkan daerah susah dan mudah tapi memang kita upayakan tenggat waktunya itu sama pada saat penyaluran," tutupnya.

Pantauan IDN Times Sulsel di KCU POS Indonesia Makassar, terlihat masyarakat antusias saat pengambilan BLT sembako atau BBM. Antrean mereka tertib dan tidak berdesak-desakan saat pengambilan BLT.

Baca Juga: Kantor Pos Bagikan BLT ke 141 Ribu Keluarga di Sulawesi Utara

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya