Jemaah Haji yang Tiba dengan Suhu Tinggi Langsung Dites Swab

Tes swab PCR untuk yang bersuhu di atas 37,5 derajat Celcius

Makassar, IDN Times - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Makassar bakal memantau kesehatan jemaah haji yang kembali dari Arab Saudi. Bagi yang datang dengan suhu badan tinggi bakal langsung dites swab PCR.

Sekretaris PPIH Embarkasi/Debarkasi Makassar Ikbal Ismail mengatakan, jemaah haji bersuhu badan tinggi akan dites swab di Poliklinik UPT Asrama Haji Sudiang Makassar. Tes untuk mengetahui kemungkinan paparan COVID-19.

"Jika ada yang suhu tubuhnya di atas 37,5 derajat Celcius maka kita arahkan ke poliklinik untuk menjalani swab PCR," kata Ikbal Ismail dalam keterangan persnya, Rabu (13/7/2022).

Baca Juga: PPIH Debarkasi Makassar Antisipasi Kerumunan Penjemput Jemaah Haji

1. Asrama Haji Makassar siap sambut jemaah

Jemaah Haji yang Tiba dengan Suhu Tinggi Langsung Dites SwabJemaah haji di Asrama Haji Sudiang Makassar diberi bimbingan seputar aturan keselamatan penerbangan dan cara penggunaan fasilitas pesawat. (Dok. Kemenag Sulsel)

Ikbal menerangkan, PPIH Debarkasi Makassar sudah bersiap menyambut kepulangan jemaah haji dari Tanah Suci. Terutama dalam mengantisipasi jika ada jemaah yang terindikasi positif COVID-19. Jemaah haji kelompok terbang pertama akan tiba di Makassar pada 28 Juli 2022.

"Panitia sudah siap. Inshaa Allah tanggal 27 Juli seluruh Panitia Debarkasi akan masuk Asrama Haji Makassar untuk mempersiapkan penyambutan kepulangan jemaah haji hingga melepas kembali ke daerah asal masing-masing," kata Ikbal.

2. Jika ada yang positif COVID-19, dirujuk untuk isolasi

Jemaah Haji yang Tiba dengan Suhu Tinggi Langsung Dites Swabilustrasi swab test (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Ikbal mengatakan, jika ada di antara jemaah yang positif COVID-19, maka akan dirujuk ke rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk penanganan lebih lanjut. Sebab saat ini Asraama Haji Sudiang Makassar tidak menyediakan fasilitasi isolasi mandiri.

Ikbal Ismail juga mengungkapkan bahwa sampai hari ini seluruh jemaah dan petugas haji embarkasi Makassar yang berjumlah 7.230 orang dari delapan provinsi di Indonesia Timur dalam keadaan sehat.

"Alhamdulillah sampai saat ini jemaah haji embarikasi Makassar yang berangkat secara bertahap dalam 19 kloter tetap utuh. Tentunya harapan kita  bersama, semuanya juga utuh kembali ke tanah air hingga selesainya proses pemulangan pada tanggal 13 Agustus 2022," kata Ikbal.

3. Jemaah haji pulang bertahap mulai 27 Juli 2022

Jemaah Haji yang Tiba dengan Suhu Tinggi Langsung Dites SwabIlustrasi jemaah haji (IDN Times/Aan Pranata)

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Makassar bersiap menyambut kepulangan jemaah haji. Jemaah kelompok terbang (kloter) pertama dijadwalkan berangkat dari Saudi pada 27 Juli 2022 dan tiba di Makassar pada 28 Juli 2022 pukul 16.40 Wita.

Ketua PPIH Debarkasi Makassar Khaeroni mengatakan, kloter pertama berangkat dari Jeddah menuju Makassar dengan menumpang pesawat Garuda Indonesia GA1201. Kloter pertama beranggotakan jemaah asal Kota Makassar, Kota Parepare, dan Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

"PPIH Embarkasi Debarkasi Makassar menyatakan siap menerima kepulangan Jemaah haji yang berasal dari delapan Provinsi di Indonesia Timur, berjumlah 7.320 orang jemaah haji. Dan alhamdulillah sampai saat ini belum menerima kabar adanya jemaah Haji yang meninggal dunia apalagi sakit parah," kata Khaeroni di Makassar, Selasa (12/7/2022).

Khaeroni mengatakan, PPIH tingkat kabupaten/kota di Sulsel sudah menyiapkan skema penjemputan langsung dengan menggunakan transportasi darat bagi jemaah haji asal daerah masing-masing. Masing-masing menjemput jemaah haji usai proses penerimaan dan screening kesehatan di Asrama Haji Sudiang Makassar.

"Sementara untuk jemaah haji di luar provinsi Sulsel, pihak PPIH tetap menyiapkan Asrama Haji bilamana ingin digunakan menjadi lokasi transit sementara sebelum diberangkatkan ke provinsinya masing masing," ucap Khaeroni.

Baca Juga: 7.160 Orang Jemaah Haji Berangkat lewat Asrama Haji Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya