Jadwal Misa Natal 2022 di Gereja Katedral Makassar, Daring dan Luring

Gereja Katedral gelar ibadah natal online dan offline

Makassar, IDN Times - Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), akan menggelar ibadah Natal tahun ini sebanyak lima kali, pada tanggal 24 hingga 25 Desember 2022.

"Jadi ibadah dimulai pada tanggal 24 Desember malam dan di tanggal 25 Desember. Karena bertepatan hari minggu jadi kami tetap jadwalkan lima kali ibadah," ungkap Pastor Paroki Katedral, Wilhelmus Tulak, Jumat (23/12/2022).

Gereja Katedral Makassar telah menjadwalkan ibadah Misa malam Natal, Sabtu (24/12/2022) pukul 18.30 Wita. Kemudian Misa hari Natal pada, Minggu (25/12/2022) pukul 06.30 Wita dan 08.30 Wita, lalu pukul 11.00 Wita, 16.00 Wita dan 18.30 Wita.

1. Gereja Katedral gelar ibadah natal online dan offline

Jadwal Misa Natal 2022 di Gereja Katedral Makassar, Daring dan LuringIlustrasi aktivitas ibadah di gereja. ANTARA FOTO/Fauzan

Gereja Katedral Makassar yang didirikan sejak tahun 1898 beralamat di Jalan Kajaolalido, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, ini tetap akan menggelar ibadah hari raya Natal 2022 secara langsung dan live streaming.

Kata Pastor Wilhelmus Tulak, Gereja Katedral melakukan dua sistem ibadah natal itu untuk mengakomodasi ribuan jemaat yang mau hadir langsung ataupun tidak. Mengingat juga, sebagian jemaat Katedral sudah berusia lanjut.

"Karena kan masih banyak orang tua yang belum belum siap ke Gereja," terang Pastor Wilhelmus.

"Jadi kita tetap kita kasih pilihan, tetapi pada umumnya yang masih kuat dan masih muda diperbolehkan datang untuk ibadah ke gereja. Sebetulnya kami sudah kembali ke keadaan normal untuk beribadah secara langsung," lanjutnya.

2. Pembangunan Katedral dipastikan tidak ganggu ibadah Natal

Jadwal Misa Natal 2022 di Gereja Katedral Makassar, Daring dan LuringPastor Gereja Katedral Makassar Wilhelmus Tulak. IDN Times/Sahrul Ramadan

Saat ini gereja Katedral Makassar sedang direnovasi, walau begitu Pastor Wilhelmus memastikan perayaan ibadah Natal tahun ini tidak akan terganggu karena gereja punya ruangan basement yang bisa digunakan.

"Dengan begitu jemaat kami dapat beribadah dengan khusyuk tanpa kuatir diterpa hujan," jelas Wilhelmus.

Diketahui, gereja Katedral dengan nama resmi Gereja Hati Yesus Yang Maha Kudus direncanakan baru bisa digunakan bangunan barunya pada akhir Mei 2023 nanti.

3. Katedral buat parade sinterklas dan bakti sosial sambut Natal

Jadwal Misa Natal 2022 di Gereja Katedral Makassar, Daring dan LuringPohon natal didepan gereja Katedral Makassar saat sambut hari natal 2022. (Istimewa/dok.pribadi jemaat Katedral)

Sementara itu, kegiatan-kegiatan yang digelar Gereja Katedral Makassar dalam menyambut hari raya natal 2022 ini, melibatkan pemuda gereja. Dalam dua pekan terakhir ini pihak gereja Katedral menggelar parade Sinterklas.

"Ini tradisi bertujuan untuk hiburan dan juga sekaligus edukasi bagi anak-anak sambil orang tuanya menyiapkan kado natal. Ada juga kegiatan sosial, kita adakan bakti sosial yang disebut berbagi kasih," ujar Wilhelmus.

Natal tahun ini, Gereja Katedral Makassar mengusung tema "Semangat Kebersamaan". Tema tersebut menurut Wilhelmus penting, mengingat masyarakat Indonesia khususnya Sulsel, mempunyai latar belakang yang berbeda-beda.

"Sangat penting untuk membangun kebersamaan, agar kita dapat bergerak bersama dalam menghadapi segala macam tantangan. Baik tantangan sekarang ini ya maupun tantangan yang akan datang nantinya," tambahnya.

Baca Juga: Natal 2021, Jemaat Gereja Katedral Makassar Wajib Punya Bukti Vaksin

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya