Jadwal Berangkat Jemaah Haji dari 8 Provinsi di Embarkasi Makassar

Kloter 1 mengangkut 393 orang termasuk petugas pendamping

Makassar, IDN Times - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar bersiap menyambut jemaah asal delapan provinsi. Kelompok terbang (kloter) pertama dijadwalkan masuk Asrama Haji Makassar pada 23 Mei 2023, lalu terbang ke Arab Saudi sehari setelahnya, 24 Mei 2023.

Dalam jadwal yang diteken Ketua PPIH Embarkasi Makasar Khaeroni, Rabu (10/5/2023), kloter pertama berisi jemaah asal Kota makassar, Sulawesi Selatan. Jumlahnya 393 orang termasuk petugas.

Tahun ini Embarkasi Makassar jadi pintu keberangkatan jemaah haji berjumlah 15.935 orang termausk petugas pendamping. Selain dari Sulsel, jemaah berasal dari tujuh provinsi lain, yaitu Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Baca Juga: Kemenag: Pelunasan Haji di Sulsel 94 Persen

1. Pemberangkatan jemaah haji dalam 41 kloter

Pemberangkatan haji PPIH Embarkasi Makassar terbagi dalam 41 kloter. Gelombang pertama terdiri dari Kloter 1 hingga Kloter 20 berangkat bertahap dari 24 Mei hingga 7 Juni 2023. Gelombang kedua terdiri dari Kloter 21 hingga Kloter 41 berangkat bertahap sejak 8 Juni hingga 21 Juni 2023.

Pemulangan haji melalui Debarkasi Makassar juga terbagi dalam dua gelombang dan 41 kloter. Pemulangan jemaah bertahap dari 4 Juli hingga 2 Agustus 2023.

2. Jumlah jemaah haji per provinsi

Jadwal Berangkat Jemaah Haji dari 8 Provinsi di Embarkasi MakassarMockup pesawat Garuda Indonesia di Asrama Haji Sudiang Makassar. (IDN Times/Aan Pranata)

PPIH Embarkasi Makassar mengurusi pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji dari delapan provinsi tahun ini. Menurut data, jemaah terbanyak berasal dari 24 kabupaten/kota di Sulsel, yaitu 7.321.

Jumlah jemaah asal provinsi lain, masing-masing, Gorontalo 978, Sulawesi Tenggara 2.019, Maluku 1.086, Maluku Utara 1.076, Sulawesi Barat 1.453, Papua 1.076, dan Papua Barat 723.

3. Tidak ada lagi prosesi penerimaan jemaah tiap kloter

Jadwal Berangkat Jemaah Haji dari 8 Provinsi di Embarkasi MakassarPenyambutan jemaah haji di Asrama Haji Sudiang Makassar. (Dok. Kemenag Sulsel)

Jelang pemberangkatan jemaah haji, Kantor Kementerian Agama menggelar manasik di berbagai daerah. Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Khaeroni menghadiri manasik di Kabupaten Bulukumba, Rabu (10/5/2023). Pada kesempatan itu dia mengatakan pada tahun ini PPIH meniadakan seremoni penerimaan dan pelepasan jemaah di Asrama Haji Makassar.

Khaeroni mengatakan, seremoni pelepasan dan penerimaan cukup dilakukan di daerah asal jemaah. Itu untuk memberi waktu luang bagi jemaah beristirahat di Asrama Haji Makassar sebelum diterbangkan ke Arab Saudi.

“Acara penerimaan dan pelepasan JCH hanya cukup sekali saja yaitu pada saat pemberangkatan kloter pertama, begitu juga untuk seremoni pada saat JCH kembali dari tanah suci hanya dilakukan sekali," kata Khaeroni.

Baca Juga: Kloter 1 Masuk Asrama Haji Makassar 23 Mei, Berangkat 24 Mei

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya