Hari ke-7 Pencarian, 4 Korban Longsor Maros Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan bakal menghentikan operasi pencarian

Makassar, IDN Times - Empat korban tertimbun tanah longsor di Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, belum ditemukan. Tim SAR gabungan masih menggelar operasi pencarian di hari ketujuh, Senin (2/1/2023).

Sejauh ini sudah dua korban ditemukan meninggal. Operasi pencarian rencananya ditutup di hari ketujuh. 

"Rencananya hari ini dihentikan proses pencarian, ini saya lagi sementara menuju ke lokasi pencarian bersama tim," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Maros Muhammad Fadli lewat telepon, Senin.

Baca Juga: Hari Ke-4, Satu Lagi Jasad Korban Tertimbun Longsor di Maros Ditemukan

1. Operasi dilanjutkan jika ada informasi tanda keberadaan korban

Hari ke-7 Pencarian, 4 Korban Longsor Maros Belum DitemukanTim SAR gabungan mengevakuasi jasad korban tertimbun longsor di Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Jumat (30/12/2022). (Dok. Brimob Polda Sulsel)

Fadli mengatakan, operasi pencarian ditutup pada hari ketujuh. Untuk tindakan selanjutnya masih perlu koordinasi bersama tim dan unsur-unsur terkait.

"Harus dipastikan, jika ada informasi dari masyarakat atau ada tanda keberadaan korban maka bisa dilanjutkan. Tapi ini kami mau koordinasi dengan pihak TNI-Polri, tim Basarnas dan tim relawan," ucapnya.

2. Dua korban ditemukan, empat masih hilang

Hari ke-7 Pencarian, 4 Korban Longsor Maros Belum DitemukanTim SAR gabungan mengevakuasi jasad korban tertimbun longsor di Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Jumat (30/12/2022). (Dok. Brimob Polda Sulsel)

Fadli juga menerangkan bahwa hingga hari ketujuh pencarian, baru dua korban yang ditemukan tewas. Korban pertama bernama Ilham 48 tahun, korban ditemukan Rabu (28/12/2022). Kemudian, korban kedua bernama Daeng Rimang, umur 80 tahun, ditemukan, Jumat (30/12/2022).

"Jadi dua korban ini ditemukan pada hari yang berbeda di sekitar lokasi itu. Identitas para korban juga sudah ada," jelas Fadli.

3. Tim optimalkan pencarian di hari ketujuh

Hari ke-7 Pencarian, 4 Korban Longsor Maros Belum DitemukanIlustrasi - Tim Basarnas Sulsel dalam operasi pencarian orang hilang di hutan Tompobulu, Kabupaten Maros, Kamis (30/6/2022). (Dok. Basarnas Sulsel)

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Operasional Basarnas Sulsel M. Rizal juga belum bisa memastikan apakah proses pencarian di Cenrana akan dilanjutkan atau dihentikan.

"Karena ini kan belum ada hasil evaluasi, apakah mau dilanjutkan atau dihentikan. Hari ini kita masih pencarian," singkat Rizal.

Baca Juga: Makassar Kirim Satu Regu Bantu Cari Korban Longsor di Maros

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya