Gudang Plastik di Maros Terbakar, Api Padam setelah 20 Jam

Petugas pemadam dari tiga daerah dikerahkan

Makassar, IDN Times - Sebuah gudang dan toko bahan plastik di Batangase, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, terbakar, Minggu siang (19/2/2023). Api baru bisa dipadamkan Senin pagi (20/2/2023), sekitar 20 jam sejak peristiwa kebakaran dilaporkan.

Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Maros harus dibantu petugas dari tiga daerah tetangga, yaitu Makassar dan Pangkep. Kebakaran toko Al Fatih yang berada di dekat jalan Trans Sulawesi Makassar-Maros sempat menimbulkan antrean kendaraan sepanjang tiga kilometer.

"Tadi pukul 10.30 Wita kita berhasil memadamkan titik-titik api di lokasi, dan sampai saat ini tim damkar gabungan masih melakukan proses pendinginan," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Maros Jufri, saat dihubungi IDN Times, Senin.

Baca Juga: Pemkot Makassar Siapkan 9 Hektar Lahan Pemakaman Baru di Maros

1. Sebanyak 33 kendaraan pemadam dikerahkan

Gudang Plastik di Maros Terbakar, Api Padam setelah 20 JamUpaya pemadaman toko plastik terbakar di jalan poros Makassar-Maros. (Dok. Polres Maros)

Dalam upaya pemadaman, tim gabungan mengerahkan puluhan petugas. Mereka berasal dari tim damkar Maros, Pangkep, dan Makassar, serta tim pemadam TNI Angkatan Udara. Tim gabungan bahu-membahu bekerja dibantu 33 kendaraan pemadam.

"Banyak armada yang terlibat. Jadi, (dari), Maros 11 unit, tambah Makassar 14 unit, Angkatan Udara 4 unit, Angkasa Pura satu unit, Pangkep 2 unit, dan Bosowa 1 unit, ini semua diturunkan," kata Jufri.

2. Kebakaran di tengah guyuran hujan, dua petugas pemadam sempat pingsan

Gudang Plastik di Maros Terbakar, Api Padam setelah 20 JamIlustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Proses pemadaman api berlangsung lama meski beberapa kali turun hujan. Belum diketahui dari mana sumber api penyebab kebakaran.

Selama upaya pemadaman, ada dua petugas pemadam yang pingsan. Mereka diduga kelelahan serta terlalu banyak menghirup asap. "Tapi kita kan juga menyiapkan dua ambulan dan tim medis jadi mereka cepat diatasi langsung," Jufri menerangkan.

3. Kebakaran memicu kemacetan lalu lintas

Peristiwa kebakaran menyebabkan kemacetan lalu lintas di jalan poros Makassar-Maros. Kerumunan orang serta pergerakan tim pemadam di lokasi menjadi hambatan di jalan, sehingga mengakibatkan antrean panjang kendaraan.

Kemacetan tak terelakkan sejak Minggu malam hingga Senin siang. Salah satu pengendara mobil asal Maros, Taufik mengatakan, sempat terjebak antrean panjang saat berkendara menuju Makassar. Dia pun harus mencari jalan alternatif.

"Saya terjebak dari jam 9 pagi, saya harus cari jalan tikus untuk bisa sampai di Makassar siang ini. Macetnya dari kemarin sore karena kebakaran," kata Taufik.

Baca Juga: Aksi Petugas Damkar Makassar Evakuasi Pria Tersengat Listrik di Pohon

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya