Duduk Perkara Tembok Masjid di Makassar Tutup Jalan Satu Keluarga

Akses jalan keluarga Sabir ditutup perumahan baru

Makassar, IDN Times - Satu keluarga di Jalan Cilallang, Kelurahan Buakana, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, mengaku terisolasi karena satu-satunya akses jala dari dan ke rumah mereka tertutup tembok masjid.

Satu keluarga itu merupakan pasangan suami istri, Sabir (54) dan Santi (52), bersama empat anaknya. Kasus ini viral karena disebutkan akses jalan ditutup oleh pihak masjid Nurul Aziz Cilallang, namun hal itu dibantah pihak masjid.

"Jadi yang viral itu beritanya seakan-akan kami pengurus masjid ini yang tutup, padahal orang di dalam (Sabir) yang tutup sendiri," ungkap Dewan pembina Masjid Aziz, Ismail, kepada wartawan, Kamis petang (31/8/2023).

1. Sabir sempat dipolisikan usai bongkar dinding tembok masjid

Duduk Perkara Tembok Masjid di Makassar Tutup Jalan Satu KeluargaSalah satu dewan pengurus masjid Aziz Cilalang Makassar, Ismail. IDN Times/Dahrul Amri

Ismail menerangkan, sejak empat bulan lalu tembok Masjid Aziz Cilallang memang dibangun dan menutup akses ke rumah Sabir. Namun Sabir berinisiatif membobol sebagian tembok untuk dijadikan akses jalan. 

"Empat bulan lalu itu tidak ada jalan di situ, tapi dia yang buka (jebol tembok) tanpa perjanjian. Tapi kemudian beberapa hari yang lalu tepat tanggal 27 Agustus itu dia sendiri yang tutup dinding itu," Ismail menerangkan.

Saat Sabir menjebol pagar tembok, pihak masjid langsung memperkarakan itu ke kepolisian. Namun dalam proses, kepolisian menyarankan agar kedua pihak atur damai dan menyelesaikan persoalan secara kekeluargaan.

"Waktu itu dipanggil sama ketua yayasan, ditanya apa permintaanya dan kata pak Sabir cabut laporannya, laporan langsung dicabut. Dia juga bilang akan menutup tembok itu dalam waktu 14 hari, lalu dia tutup," jelas Ismail.

2. Akses jalan keluarga Sabir ditutup perumahan baru

Duduk Perkara Tembok Masjid di Makassar Tutup Jalan Satu KeluargaSabir saat membongkar dinding tembok masjid Aziz Cilalang untuk akses ke rumahnya. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Tapi kemudian kasus ini viral di sosial media, seakan-akan masjid menutup akses jalan keluarga Sabir. Pasalnya, lanjut Ismail, sebenarnya satu-satunya akses jalan masuk Sabir dan keluarga kini sudah dibangun perumahan.

"Dari dulu itu memang ini tembok ada disitu, sebelum ada perumahan yang jadi jalan masuknya pak Sabir. Ini efek dari pembangunan perumahan, padahal yang bermasalah itu antara developer dan pak Sabir," tegas Ismail.

3. Tembok dijebol lagi, keluarga Sabir syukur bercampur sedih

Duduk Perkara Tembok Masjid di Makassar Tutup Jalan Satu KeluargaSaat akses jalan Sabir dan keluarga di KOta Makassar dibuka kembali. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Pada Kamis petang (31/8/2023), pagar tembok masjid yang menutupi akses jalan keluarga Sabir, kembali dibuka sebagian, disaksikan pihak masjid, kepolisian dan pemerintah setempat.

Istri Sabir, Santi pun mengaku bersyukur karena bisa mengakses jalan itu. Tapi dengan kesepakatan, keluarga Sabir hanya diberikan waktu satu tahun untuk tinggal di tempat itu, mengingat mereka bulan pemilik tanah itu.

"Saya merasa bersyukur tapi merasa sedih juga karena nanti tinggalkan tempat ini. Saya dan suami sudah tinggal di sini 20 tahun, karena yang punya tanah suruh tinggal," terang Santi kepada wartawan di lokasi tersebut.

Baca Juga: Sempat Mangkrak, Masjid 99 Kubah di Makassar Akhirnya Diresmikan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya