Dua Warga Makassar Ditangkap usai Mencuri Brankas di Jakarta Utara 

Bobol rumah dan bawa kabur brankas berisi emas dan uang

Makassar, IDN Times - Tenri (41) dan M. Nur alias Dollo (37), dua warga Kota Makassar ditangkap polisi, Minggu sore (14/5/2023), karena terlibat kasus pencurian dan pembobolan rumah di daerah Jakarta Utara.

Tenri dan Dollo adalah warga Jalan Abubakar Lambogo (Ablam), keduanya ditangkap oleh anggota Polres Jakarta Utara yang dibantu tim Jatanras Polrestabes Makassar di dua lokasi, yakni di Jalan Inspeksi Kanal Rappocini dan Jalan Ablam.

"Awalnya kita ambil si Tenri dulu, lalu dikembangkan barulah ditangkap lagi rekannya yang satu (Dollo) di rumahnya," kata Kasat Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Ridwan Hutagaol kepada IDN Times Sulsel, Senin malam (15/5).

1. Pelaku beraksi saat korban salat Idul Fitri

Dua Warga Makassar Ditangkap usai Mencuri Brankas di Jakarta Utara IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Dua warga Jalan Ablam Makassar itu ditangkap berdasarkan laporan polisi (LP) Polres Metro Jakarta Utara, terkait dengan kasus pencurian dan pembobolan sebuah rumah warga yang terjadi pada tanggal 22 April 2023 lalu. 

"Sesuai dengan LP tersebut, kedua korban ini melancarkan aksinya pada saat pemilik rumah warga Jakarta Utara itu sedang melaksanakan sholat idul fitri, sekitar pukul 7 pagi waktu di sana (Wib)," ungkap AKBP Ridwan.

2. Bobol rumah dan bawa kabur brankas berisi emas dan uang

Dua Warga Makassar Ditangkap usai Mencuri Brankas di Jakarta Utara Ilustrasi Maling (IDN Times/Mardya Shakti)

Berdasarkan keterangan pelaku, keduanya melancarkan aksinya dengan cara mencungkil pintu depan rumah korban memakai obeng. Setelah berhasil masuk dan kemudian menuju kamar utama lalu mencuri sebuah brankas.

"Jadi memang keduanya ini sudah menargetkan rumah tersebut, karena pintu paganya juga tidak terkunci. Barang yang mereka ambil itu hanya brankas yang cukup bisa dua pelaku ini bawa saat itu," Ridwan menjelaskan.

Brankas tersebut berisikan uang tunai jutaan rupiah, berbagai macam perhiasan emas, logam mulia dan juga sertifikat tanah rumah korban.

Baca Juga: Buronan Pencuri Emas PT Freeport Ditangkap di Makassar

3. Polisi amankan pelaku bersama 8 unit handphone

Dua Warga Makassar Ditangkap usai Mencuri Brankas di Jakarta Utara Beberapa barang bukti yang diamankan dari pelaku Tenri dan Dollo di Makassar. (Istimewa)

Tapi pada saat penangkapan di Makassar, lanjut Ridwan, polisi hanya mengamankan barang bukti seperti delapan unit handphone dari berbagai merek, sebuah dompet serta uang tunai, dan juga satu buku rekening BCA.

"Barang buktinya kebanyakan hape, ada uang juga tapi tidak banyak. Entah itu barang yang pelaku curi ini apakah sudah dijual atau disembunyikan. Pelaku sudah dibawa ke Jakarta untuk pengembangan," tambah Ridwan.

Baca Juga: Polisi Tangkap 2 Pencuri Besi Beton di Perumahan Elite Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya