Damkar Makassar Evakuasi Dosen-Mahasiswa Terjebak Lift di Unifa

Lift macet saat mati lampu, satu mahasiswa pingsan

Makassar, IDN Times - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar mengevakuasi tiga orang terjebak dalam lift di kampus Universitas Fajar (Unifa), di Jalan Prof. Abdurahman Basalamah, Kecamatan Panakkukang, Jumat pagi (3/11/2023).

Petugas Damkar bergerak cepat mengirim lima anggota tim Rescue, usai menerima laporan pada pukul 8.53 Wita. Saat tiba di lokasi, tim langsung mengupayakan evakuasi korban.

"Kita kirim tim Rescue dan tiba pukul 09.10 Wita, langsung dilakukan evaluasi, ketiga korban aman," kata Kepala Dinas Damkar Makassar, Hasanuddin.

Baca Juga: Polisi Kejar Pelaku Penganiaya Petugas Damkar Makassar

1. Satu dosen dan dua mahasiswa terjebak di dalam lift

Damkar Makassar Evakuasi Dosen-Mahasiswa Terjebak Lift di UnifaUpaya evakuasi mahasiswa terjebak di dalam lift di kampus Universitas Fajar (Unifa) Makassar, Jumat pagi (3/11/2023). (IDN Times/Dahrul Amri)

Hasanuddin mengatakan, saat kejadian ada tiga orang terjebak dalam lift. Mereka adalah satu dosen dan dua mahasiswa yang hendak naik ke lantai empat gedung kampus.

"Alhamdulillah tiga orang yang di dalam lift terjebak itu tidak alami apa-apa. Kurang lebih 10 menit proses penanganan dan evakuasi," Hasanuddin menerangkan.

2. Terjebak di lift karena listrik tiba-tiba mati

Damkar Makassar Evakuasi Dosen-Mahasiswa Terjebak Lift di UnifaFachruddin Palapa, dosen Unifa yang turut terjebak dalam lift, Jumat pagi (3/11/2023). (IDN Times/Dahrul Amri)

Fachruddin Palapa, dosen Unifa yang terjebak dalam lift menceritakan kejadian yang dia alami. Dia mengatakan, lift tiba-tiba macet saat listrik padam. Kondisi itu sempat bikin panik.

"Ada tadi kita lima orang dalam lift, tapi dua orang turun di lantai tiga. Tapi pas sampai di lantai empat lampu mati, (posisi) lift itu setengah saja di lantai empat," ucap Fachruddin.

3. Terjebak lift selama 44 menit, satu mahasiswa pingsan

Damkar Makassar Evakuasi Dosen-Mahasiswa Terjebak Lift di UnifaUpaya evakuasi mahasiswa terjebak di dalam lift di kampus Universitas Fajar (Unifa) Makassar, Jumat pagi (3/11/2023). (IDN Times/Dahrul Amri)

Fachruddin menyebut dia dan dua mahasiswa terjebak dalam lift sekitar 40 menit. Mereka hanya bisa menunggu upaya evakuasi usai Fachruddin menelepon petugas Damkar.

"Jadi kita didalam lift itu dari pukul 08.30 sampai 09.14 itu sekitar 44 menit. Tapi kita bersyukur tim Damkar gerak cepat setelah saya telepon tadi. Tapi ada satu mahasiswa yang pingsan karena pengap," katanya.

Baca Juga: Waspada, Damkar Makassar Catat Kebakaran Meningkat Tiga Bulan Terakhir

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya