Basarnas Sulsel sebut Korban KM Ladang Pertiwi 2 Bertambah

Jumlah penumpang kapal disebut sebanyak 50 orang

Makassar, IDN Times - Badan SAR Nasional (Basarnas) Sulawesi Selatan mengungkapkan penambahan data jumlah penumpang atau korban Kapal Motor (KM) Ladang Pertiwi 2 yang tenggelam di Selat Makassar. Sebelumnya jumlah korban disebutkan sebanyak 42 orang.

"Jumlah yang ada yang sementara kita mendata ini sebanyak 50 penumpang dan ABK," kata Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi saat konferensi pers di KN SAR Tamajaya di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Sulsel, Selasa pagi (31/5/2022).

Konferensi pers ini dihadiri unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sulsel, seperti Polda Sulsel, Lantamal VI Makassar, Syahbandar Makassar, Kodam XIV Hasanuddin dan Pemerintah Provinsi.

Baca Juga: Pemilik dan Juragan KM Ladang Pertiwi Segera Diamankan di Makassar

1. Jumlah korban bertambah

Basarnas Sulsel sebut Korban KM Ladang Pertiwi 2 BertambahKepala Basarnas Sulsel, Djunaidi saat memberikan keterangan terkait tenggepamnya KM SAR Kamajaya. Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Djunaidi mengatakan, bertambahnya jumlah korban diperoleh berdasarkan pencocokan data. Basarnas mengumpulkan data dari pemerintah Desa Pamantauang, salah satu pulau yang dituju oleh kapal dalam rutenya.

"Itu pencocokan data, kepala desa sendiri yang melapor warganya," kata Djunaidi.

Kapal KM Ladang Pertiwi 2 karam di Selat Makassar pada Kamis, 26 Mei 2022. Kapal itu berangkat dari Pelabuhan Paotere Makassar. 

2. Basarnas masih cari 19 penumpang

Basarnas Sulsel sebut Korban KM Ladang Pertiwi 2 BertambahKN SAR Kamajaya milik Basarnas Sulsel saat berlabuh di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar bersiap untuk melanjutkan pencarian korban KM Ladang Pertiwi 2 di Perairan Selat Makassar, Selasa (31/5/2022). Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Djunaidi mengatakan dari hasil pencocokan data, ada satu identitas yang diketahui ganda. Yakni seorang pria bernam Supriadi.

"Sehingga kami prediksi bahwa jumlahnya 50 untuk sementara ini. Jadi yang kita cari sekarang 19 orang, dan itu pengembangan data dari kepala desa, nahkoda termasuk pemilik kapal tersebut," ungkap Djunaidi.

3. Basarnas dapat dukungan peralatan pencarian

Basarnas Sulsel sebut Korban KM Ladang Pertiwi 2 BertambahKomandan Satuan Patroli (Dansatrol) Lantamal VI Makassar, Kolonel Laut (P) Anis Latif saat konferensi pers soal tenggelamnya KM Ladang Pertiwi 2. Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Untuk kelanjutan pencarian 19 korban KM Ladang Pertiwi 2 di wilayah perairan Selat Makassar, Basarnas Sulsel didukung oleh dukungan alat utama (Alut) dari Lantamal VI, Ditpolairud Polda, dan unsur terkait.

Kata Komandan Satuan Patroli (Dansatrol) Lantamal VI Makassar, Kolonel Laut (P) Anis Latif, TNI Angkatan Laut (AL) sudah mendukung penuh dengan menurunkan Alut dalam pencarian para penumpang.

"Kami menurunkan tidak hanya hanya dari Lantamal tapi empat KRI, ada dua Patmal, satu standby dan satu operasi," jelas Anis.

"Untuk unsur KRI yang terlibat itu ada KRI malahayati, KRI Hasanuddin dan kemudian karimando dan purarupa, kebetulan ada beroperasi di wilayah Sulawesi dipimpin langsung Komandan Gugus Tempur Laut Koarmada II" tambah Kolonel Anis.

Baca Juga: 10 Korban Selamat KM Ladang Pertiwi Dibawa ke Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya