Arus Balik Lebaran 2023, Ribuan Orang Masuk Kota Makassar

Orang yang datang ke Makassar didominasi dari daerah timur

Makassar, IDN Times - Pihak PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Makassar mencatat, pada momentum arus balik usai Lebaran 2023, tiap hari ribuan orang terus berdatangan ke Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Operasi dan Pelayanan PT Pelni Cabang Kota Makassar, Ahmad Ezat kepada IDN Times Sulsel saat dikonfirmasi pada, Sabtu petang (29/4/2023).

"Kalau biasa penumpang yang turun di Makassar ada 600 sampai 1000 orang, tapi dalam beberapa hari ini ada kenaikan dari 1200 sampai 2000 orang yang turun ke Makassar," ungkap Ahmad Ezat.

1. Sudah masuk puncak arus balik

Arus Balik Lebaran 2023, Ribuan Orang Masuk Kota MakassarPemudik yang didominasi mahasiswa atau pelajar, padatai ruang tunggu di Pelabuhan Soeakrno-Hatta Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Dengan naiknya jumlah penumpang kapal Pelni yang turun di Makassar, kata Ahmad Ezat, maka dipastikan arus balik mudik lebaran tahun ini sudah terjadi dan akan berlangsung beberapa hari kedepan.

"Ini kita sudah masuk puncak arus balik, jadi peningkatannya itu sekitar 40 persen sampai 50 persen. Dan trennya ini akan terus naik dalam beberapa kedepan," Ahmad Ezat menjelaskan.

2. Dominasi orang yang datang ke Makassar dari daerah Timur

Arus Balik Lebaran 2023, Ribuan Orang Masuk Kota MakassarSalah satu kapal milik PT Pelni saat berlayar dari Pelabuhan Soeakrno-Hatta Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Dalam melayani pelayaran masyarakat yang hendak ke Kota Makassar, PT Pelni menyiapkan 15 Kapal. Seperti KM Bukit Siguntang, Ngapulu, Dorolonda, Binaiya, Umsini, Ciremai, dan Sinabung.

Kemudian, KM Lambelu, Wilis, Tilongkabila, Dobonsolo, Leuser, Tidar, Gunung Dempo, dan Labobar. Menurut Ahmad Ezat, dominasi penumpang yang datang ke Makassar dari daerah Indonesia Timur.

"Penumpang yang datang itu dari daerah Indonesia Timur, masuk Baubau baru ke Makassar dan banyak mahasiswa atau pelajar. Penumpang dari Surabaya juga termasuk banyak," terang Ahmad Ezat.

Baca Juga: Polda Sulsel Tingkatkan Pengamanan Arus Mudik Lebaran 2023

3. Pelindo 4 mencatat tren penumpang dan kapal ramai lancar

Arus Balik Lebaran 2023, Ribuan Orang Masuk Kota MakassarRegional Head 4 Pelindo Makassaer, Enriany Muis saat diwawancarai. (IDN Times Sulsel/Dahrul Amri)

Sementara itu pihak PT Pelindo Regional 4 Makassar mencatat, saat memasuki H+3 lebaran 1444 atau 25 April lalu, tren arus balik penumpang dan kunjungan kapal penumpang ramai lancar.

Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis menyebutkan, tren ini tercatat di seluruh pelabuhan kelolaan PT Pelindo Regional 4 yang cenderung terus meningkat jika dibandingkan periode sebelumnya.

Hal ini dikarenakan, sebagian masyarakat yang mudik lebaran sudah mulai kembali masuk kerja sekaligus berakhir cuti bersama sesuai penetapan Pemerintah yang berlaku 19 sampai 25 April.

"Tercatat sudah 397.012 orang yang naik dan turun di semua pelabuhan Regional 4. Jumlah itu meningkat sebesar 122,06 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu," ungkap Enriany.

Di mana jumlah penumpang yang naik atau embarkasi (berangkat) sebanyak 229.754 orang, dan penumpang yang turun atau debarkasi (kedatangan) sebanyak 167.258 orang. 

Dirincikan, jumlah penumpang di Pelabuhan Makassar 56.561 orang atau meningkat sebesar 126 persen. Menyusul Pelabuhan Balikpapan 46.117 orang, naik 166 persen, lalu Pelabuhan Ambon 41.742 orang, naik 153 persen, Pelabuhan Parepare 36.223 orang, naik 92 persen, dan Pelabuhan Ternate sebanyak 34.300 orang atau meningkat 104 persen.

Baca Juga: Arus Mudik, Lalin Jalan Poros Makassar-Maros Lancar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya