Anggota Brimob Aniaya Tahanan Anak di Sidrap, Ditangani Polda Sulsel

Kapolres Sidrap atensi kasus tahanan anak dianiaya

Makassar, IDN Times - Seorang tahanan anak di Polsek Maritengngae, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel), inisial MM (16), diduga dianiaya anggota Brimob Polda Sulawesi Barat (Sulbar).

Dugaan penganiayaan tersebut dikonfirmasi Kepala Bidang (Kabid) Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sulsel, Kombes Pol Zulham Effendy, saat dikonfirmasi IDN Times Sulsel, Selasa (15/8/2023).

Menurut Zulham, proses pemeriksaan ditangani Polda Sulsel meski terduga pelaku bertugas di Polda Sulbar. "Sudah kita tangani dan kita proses," ungkap Zulham saat dikonfirmasi.

Untuk diketahui, dugaan kasus penganiayaan dilakukan anggota Brimob, Brigpol AA terhadap tahanan anak MM, terjadi di ruang tahanan Polsek Maritengngae pada Sabtu malam (6/5/2023) pukul 19.00 Wita.

1. Propam pastikan proses Brigpol AA jika bersalah

Anggota Brimob Aniaya Tahanan Anak di Sidrap, Ditangani Polda SulselIlustrasi - Propam Polda Sulsel sidak sejumlah Polsek jajaran Polrestabes Makassar. (Dok. Propam Polda Sulsel)

Zulham Effendy berjanji, apabila ada anggota Polri yang melakukan kesalahan, baik itu secara disiplin atau etik, maka akan diproses. Apalagi kasus ini sebelumnya telah ditangani Paminal Polda Sulsel.

"Intinya begini, kalau dalam proses yang bersangkutan terbukti bersalah maka kita akan proses sesuai aturan yang berlaku, baik itu disiplin maupun kode etik," singkatnya.

2. Kapolres Sidrap atensi kasus tahanan anak dianiaya

Anggota Brimob Aniaya Tahanan Anak di Sidrap, Ditangani Polda SulselIlustrasi penganiayaan anak. Getty Images/iStockphoto

Sementara itu, Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah memastikan bahwa dugaan penganiayaan yang dilakukan Brigpol AA, itu menjadi atensi bagi Propam Polres Sidrap dalam penanganannya.

"Saya sudah instruksikan agar kasus ini jadi atensi soal kasus penganiayaan itu, karena yang bersangkutan sudah melapor ke Polda Sulsel dan Polda melimpahkan kasus itu ke kita," ungkap Erwin.

Baca Juga: Polisi di Sulsel Diduga Lakukan Pelecehan Seksual ke Tahanan Perempuan

3. Polres Sidrap pastikan sudah periksa 9 saksi

Anggota Brimob Aniaya Tahanan Anak di Sidrap, Ditangani Polda SulselMarkas Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) di Jl Perintis Kemerdekaan Km 17, Makassar. IDN Times Sulsel/Dahrul Amri

Sambung Erwin Syah, saat ini pihaknya sudah melakukan pemeriksaan saksi-saksi yang melihat penganiayaan yang dilakukan oknum Brigpol AA tersebut, termasuk saksi dari pihak keluarga tahanan anak MM.

"Sudah dilakukan pemeriksaaan saksi-saksi ya, sebanyak sembilan saksi dan termasuk juga keterangan terlapor. Termasuk juga keterangan saksi yang melhat langsung kasus atau peristiwa itu," terang Erwin Syah.

"Termasuk terlapor juga yang anggota polisi bertugas di Brimob Polda Sulbar. Makanya kita kemarin koordinasi juga dengan Polda Sulbar untuk bisa menghadirkan terlapor dalam hal pemeriksaan itu," tambahnya.

Sebagai informasi, AA diduga menganiaya MM karena terlibat perkelahian dengan anak salah satu pejabat Polres Sidrap, AKBP S. Sementara Brigpol AA merupakan keponakan dari AKBP S yang anaknya dianiaya MM.

Baca Juga: 4 Pria Sidrap Penipu Jastip Tiket Konser Coldplay Ditangkap

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya