14 Petak Kios depan GOR Sudiang Makassar Hangus Terbakar

Pedagang pakaian bekas mengaku rugi Rp 50 juta

Makassar, IDN Times - Sebanyak 14 petak kios pedagang depan GOR Sudiang, Jalan Pajjaiang, Kelurahan Sudiang Raya, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, terbakar, Senin petang (14/8/2023).

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar yang menerima laporan kejadian pukul 16.30 Wita, langsung menurunkan 6 Armada ke lokasi hingga api bisa dipadamkan pukul 17.20 Wita.

"Kurang lebih satu jam baru kita padamkan apinya, unit (kios petak) yang terbakar ada 14 unit dan tidak ada korban jiwa," ungkap Danton 4 Damkar Kota Makassar, Hamzah, saat dikonfirmasi wartawan.

1. Polisi menduga kebakaran akibat arus pendek listrik

14 Petak Kios depan GOR Sudiang Makassar Hangus TerbakarPolice Line atau garis polisi dipasang di lokasi kebakaran depan GOR Sudiang Makassar. (Istimewa)

Sementara itu, pihak kepolisian Polsek Biringkanaya masih menyelidiki penyebab kebakaran. Hanya saja, sementara ini pihak kepolisian menduga akibat arus pendek listrik.

"Berdasarkan laporan itu akibat arus pendek listrik (korsleting), tapi tetap diselidiki pastinya apa," jelas Kepala Seksi (Kasi) Humas Polrestabes Makassar, Kompol Lando Karua Sambolangi kepada IDN Times.

2. Pedagang pakaian bekas mengaku rugi Rp50 juta

14 Petak Kios depan GOR Sudiang Makassar Hangus TerbakarPihak Dinas Damkar Makassar berusaha padamkan api saat kebakaran depan GOR Sudiang. (Istimewa)

Dari hasil pendataan yang dilakukan pihak kepolisian, petak kios pedagang yang terbakar seperti penjual makanan jadi, pedagang kelapa parut, pedagang buah, penjahit, dan pedagang pakaian bekas.

"Jadi ada beberapa pedagang yang sudah diambil keterangannya, kerugian masing-masing pedagang di kisaran puluhan juta, ada yang menyebut 50 juta itu yang jualan cakar (pakaian bekas)," jelas Lando.

Baca Juga: Sepanjang Januari-Juni 2023 Telah Terjadi 77 Kebakaran di Makassar

3. Pedagang harap bantuan pemerintah

14 Petak Kios depan GOR Sudiang Makassar Hangus TerbakarIlustrasi Bantuan Sosial (Bansos). (IDN Times/Helmi Shemi)

Muliasni (55), pedagang makanan jadi yang kiosnya juga ikut terbakar,  mengaku, dua bangunan warungnya terbakar habis meski masih ada beberapa barang yang diselamatkan.

"Saya yang warung makan, dua petak habis tinggal tiang sama seng. Taksiran kerugianku saya tidak tahu berapa karena ini masih pusing, harap kalau ada bantuan pemerintah kalau ada," ungkap Muliasni.

Muliasni sendiri tidak mengetahui pasti penyebab kebakaran itu, tapi dia menyebutkan ada yang menyebutkan api berasal dari sebuah kabel listrik yang ada diatas pohon dari atas sebuah warung makan.

"Adakan memang warung makan disitu juga, katanya tadi ada yang bilang api dari atas pohon, katanya dari lilitan kabel atau apalah itu. Cepat tadi apinya menjalar ke bangunan yang lain," tambah Muliasni.

Baca Juga: Mobil Damkar Makassar Terbalik saat Hendak Tangani Kebakaran Rumah

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya