10 Rumah di Makassar Terbakar, Diduga Akibat Lilin saat Mati Lampu

Penyebab kebakaran masih perlu penyelidikan

Makassar, IDN Times - Sepuluh rumah di Jalan M. Tahir, Kecamatan Tamalate, Makassar, terbakar, Senin malam (30/10/2023). Kebakaran terjadi di tengah kondisi listrik padam.

Komandan Batalyon 2 Dinas Pemadam Kebakaran Makasar Ramli mengatakan, diduga kebakaran dipicu api dari lilin. Namun untuk mengetahui penyebab pasti masih butuh penyelidikan lebih lanjut.

"Kalau penyebab tadi informasi awal karena ada lilin jadi pemicu, tapi ini belum bisa kita pastikan. Karena kan nanti ada pihak yang berwajib untuk pastikan lagi," kata Ramli, Senin.

Baca Juga: SMP Negeri 8 Makassar Kebakaran, Dipicu Korsleting Listrik Kipas Angin

1. Ramai warga nonton jadi kendala petugas pemadam

10 Rumah di Makassar Terbakar, Diduga Akibat Lilin saat Mati LampuIlustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Damkar Makassar mengerahkan 16 armada dalam upaya pemadaman. Namun upaya petugas terkendala karena banyak orang berkerumun di lokasi. Apalagi lokasi kebakaran berada di kawasan padat penduduk.

"Kendalanya ya begini, banyak warga yang hanya mau nonton dan penuhi akses jalan masuk, ya kami susah kerja, lorong masuk sempit. Makanya kami selalu imbau jangan menutupi akses masuk mobil damkar untuk padamkan api," ujar Ramli.

2. Petugas sempat cekcok dengan warga yang halangi jalan

10 Rumah di Makassar Terbakar, Diduga Akibat Lilin saat Mati LampuKebakaran menghanguskan sepuluh rumah di Jl. M. Tahir, Kecamatan Tamalate, Makassar, Senin malam ( 30/10/2023). (IDN Times/Dahrul Amri)

Ramli mengatakan, saat berupaya memadamkan api, petugas sempat cekcok dengan beberapa orang di lokasi. Mereka tidak terima saat ditegur petugas karena menutup akses armada pemadam.

Menurut Ramli, kejadian seperti itu sudah sering terjadi. Beberapa waktu lalu, petugas pemadam bahkan dianiaya saat bertugas memadamkan api di Jalan Pongtiku.

3. Petugas damkar dilarikan ke rumah sakit

10 Rumah di Makassar Terbakar, Diduga Akibat Lilin saat Mati LampuIlustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Dalam proses pemadaman kebakaran itu, seorang anggota Damkar mengalami kecelakaan.  Dia terjatuh dari lantai dua rumah salah satu warga yang terbakar. Petugas itu dievakuasi ke rumah sakit.

"Anggota yang terjatuh itu saat sementara padamkan api di lantai dua rumah korban, tapi saat ini jalani perawatan di Labuang Baji, tadi saya lihat luka bagian tumit," kata Ramli.

Baca Juga: Ibu dan Anak Meninggal saat Asrama TNI di Makassar Kebakaran

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya