SMP Negeri 8 Makassar Kebakaran, Dipicu Korsleting Listrik Kipas Angin

Kipas angin lupa dimatikan saat pemadaman listrik

Makassar, IDN Times - Gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 8 Makassar, terbakar. Kebakaran hebat diduga dipicu oleh korsleting saat terjadi pemadaman listrik, Senin (30/10/2023) sekitar 21.20 WITA.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyidin Mustakim, mengatakan, ada tiga ruangan yang hangus akibat kebakaran di SMP Negeri 8 Makassar, Jalan Batua Raya, Kecamatan Manggala.

"Ada tiga ruang, ruang guru, hanya ada sound system, semua laboratorium aman," kata Muhyidin saat diwawancara jurnalis di lokasi kebakaran.

1. Tiga ruang guru SMP Negeri 8 Makassar terbakar

SMP Negeri 8 Makassar Kebakaran, Dipicu Korsleting Listrik Kipas AnginTangkapan layar dari video kebakaran di SMP Negeri 8 Makassar, Senin (30/10/2023)/Istimewa

Muhyidin mengatakan, akibat kebakaran di SMP Negeri 8 Makassar, semua perangkat atau peralatan guru hangus terbakar. Beruntung, kata dia, api tidak menjalar ke ruang kelas.

"Sarana di kelas masih tetap aman, ruang guru yang terbakar bukan ruang kelas," kata Muhyidin.

2. Instalasi listrik usang

SMP Negeri 8 Makassar Kebakaran, Dipicu Korsleting Listrik Kipas AnginIlustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Muhyidin mengaku bahwa instalasi listrik dari bangunan SMP Negeri 8 Makassar memang telah usang. Disebut bahwa kelistrikan gedung sekolah di Jalan Batua Raya Makassar itu hampir seusia bangunan awal yang dibangun tahun 1977.

"Instalasi listrik dari bangunan lama. Menajdi perhatian bagi kami," jelasnya.

Peristiwa kebakaran gedung SMP 8 Makassar, kata Muhyidin, menjadi pelajaran besar bagi pemerintah, khususnya Dinas Pendidikan. Dia mengaku telah mengimbau seluruh sekolah di wilayahnya agar waspada pada potensi kebakaran akibat korsleting listrik.

"Pada saat ini semua jaringan listrik dimatikan pada saat aktivitas pembelajaran sudah tidak ada. Ini jadi imbauan semua sekolah di Makassar," katanya.

Baca Juga: Bokong Pemuda di Makassar Tertusuk Balok Kayu saat Kebakaran

3. Pemadaman listrik picu kebakaran

SMP Negeri 8 Makassar Kebakaran, Dipicu Korsleting Listrik Kipas AnginKepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyidin Karim memberi keterangan di lokasi kebakaran SMP Negeri 8 Makassar/Istimewa

Penyebab kebakaran di SMP Negeri 8 Makasaar, tambah Muhyidin, diketahui dari rekaman CCTV. Terlihat pada video yang beredar, sebuah kipas angin di salah satu ruangan mengalami korsleting akibat lupa dimatikan.

"Kebetulan pemadaman listrik dari PLN jam 11 nanti nyala lampu pukul 14.40. Guru-guru dan siswa pulang dan lupa mematikan kipas," katanya.

Baca Juga: Ibu dan Anak Meninggal saat Asrama TNI di Makassar Kebakaran

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya