SYL Jadi Mentan, Ini Harapan Sejumlah Kepala Daerah di Sulsel

Peningkatan sektor pertanian di Sulawesi Selatan

Makassar, IDN Times - Syahrul Yasin Limpo kini menjabat sebagai Menteri Pertanian (Mentan) setelah namanya diumumkan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Syahrul dilantik bersama menteri dan pejabat setingkat menteri lainnya di Istana Negara, Rabu (22/10).

Dipilihnya Syahrul untuk menjadi bagian dari Kabinet Indonesia Maju di bawah pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin itu rupanya membawa harapan tersendiri bagi masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel), sebab Syahrul merupakan seorang putra asal Sulsel.

Syahrul merupakan Gubernur Sulsel yang menjabat di dua periode yakni 2008-2018. Maka tak heran bila masyarakat sangat berharap Syahrul bisa memajukan sektor pertanian di daerah tersebut, apalagi Sulsel dikenal sebagai salah satu lumbung pangan nasional.

Harapan itu pun disampaikan oleh beberapa kepala daerah di Sulsel saat ditemui di Hotel Four Points Makassar, Rabu (23/10).

1. Bupati Lutra harap kejayaan kakao di Sulsel bisa dikembalikan

SYL Jadi Mentan, Ini Harapan Sejumlah Kepala Daerah di SulselIDN Times/Asrhawi Muin

Bupati Luwu Utara (Lutra) Indah Putri Indriani mengutarakan harapannya kepada Syahrul sebagai Mentan. Indah berharap Syahrul benar-benar amanah dalam mengemban tugas barunya itu. 

Hal itu, kata Indah, dikarenakan sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang memang harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah mengingat Indonesia merupakan negara agraris.

Selain itu Indah juga berharap agar nantinya pemerintah pusat bisa berkolaborasi dengan pihaknya, khususnya dalam mengembangkan sektor pertanian dan perkebunan.

"Jadi, kita berharap ada kebijakan yang semakin baik, khususnya di sektor perkebunan dan pertanian tanaman pangan. Terutama kita berharap kejayaan kakao di Sulsel bisa dikembalikan," kata Indah kepada IDN Times di Makassar, Rabu (23/10).

2. Bupati Jeneponto harap daerah gersang di wilayahnya jadi perhatian

SYL Jadi Mentan, Ini Harapan Sejumlah Kepala Daerah di SulselIDN Times/Asrhawi Muin

Harapan senada turut disampaikan Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar. Dia berharap ke depannya, wilayah yang kini dia pimpin mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah pusat.

Sebagaimana yang diketahui, Jeneponto merupakan salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Selatan yang terkenal dengan tanahnya yang kering dan gersang.

"Jeneponto ini kan terkenal dengan tanah yang gersang. Semoga dengan kehadiran Pak Syahrul yang sudah banyak tahu tentang Sulawesi Selatan apalagi Jeneponto, kita berharap banyak bahwa beliau dapat mengatasi masalah-masalah di Jeneponto," ujarnya.

Baca Juga: Dari Gubernur ke Menteri, Ini Prestasi Syahrul YL di Bidang Pertanian

3. Bupati Pangkep Batara harap ada peningkatan hasil pertanian

SYL Jadi Mentan, Ini Harapan Sejumlah Kepala Daerah di SulselIDN Times/Asrhawi Muin

Harapan di bidang pertanian juga dikemukakan oleh Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid Batara. Meski tak menyebutkan harapan secara khusus, namun ia yakin dengan dipilihnya Syahrul sebagai Mentan akan turut berdampak pada pertumbuhan hasil pertanian di Sulsel.

Pasalnya, menurut Syamsuddin, Syahrul merupakan orang Sulsel yang kiprah pemerintahannya tidak lagi diragukan atau dengan kata lain memiliki segudang pengalaman.

"Dengan pengalaman kemarin dua kali jadi gubernur kita dapat melihat pertanian di Sulawesi Selatan ini cukup punya andil untuk masalah pertanian dan ketahanan pangan di Indonesia," kata Syamsuddin.

Baca Juga: Bupati Gowa Bangga Syahrul Terpilih Jadi Menteri Pertanian

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya