Dubes Inggris Ikut Merayakan Wallacea Week di Makassar

Kunjungi pameran Wallacea di Nipah Mall

Makassar, IDN Times - Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, Selasa (26/11), menyambangi Kota Makassar untuk pertama kalinya setelah dirinya dilantik Agustus lalu,.

Kedatangan Dubes Inggris untuk menghadiri serangkaian kegiatan yang diselenggarakan British Council, salah satunya adalah pameran Wallacea Week 2019 yang diadakan sejak tanggal 22-28 November di Nipah Mall.

Wallacea Week merupakan serangkaian kegiatan untuk merayakan keberagamaan hayati dan budaya Indonesia sekaligus perayaan 150 tahun terbitnya buku catatan perjalanan ilmuwan asal Inggris Alfred Russel Wallace yang berjudul 'The Malay Archipelago' atau 'Kepulauan Nusantara'.

Kata Wallacea berasal dari nama Wallace yang merupakan sosok paling penting dalam penelitian keberagamaan hayati di Indonesia. Maka untuk mengenang dan merawat potensi ini, diadakanlah Wallacea Week.

1. Wallacea Week tunjukkan pentingnya konservasi lingkungan

Dubes Inggris Ikut Merayakan Wallacea Week di MakassarDubes Inggris Owen Jenkins mengunjungi Wallacea Week di Mall Nipah Makassar, Selasa (26/11/2019) - Humas British Council

Dalam kesempatan ini, Owen Jenkins mengaku sangat bangga bisa mengunjungi pameran di Makassar.

“Merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk bisa ikut merayakan Wallacea Week di Makassar. Wallace adalah ilmuwan Inggris yang telah memberikan contoh luar biasa tentang kerja sama Inggris dan Indonesia serta hal-hal hebat yang dicapainya melalui kemitraan dengan Indonesia," kata Owen.

Owen menyebut, kegiatan ini menunjukkan betapa pentingnya konservasi dan lingkungan alam. Sebab Wallace sangat mencintai Indonesia, dan menghargai keanekaragaman yang luar biasa.

"Di sini dari lingkungan, manusia, budaya, tanaman, hewan, burung dan ikan. Beliau meminta kita untuk terus melindungi keanekaragaman dan kekayaan alam demi kehidupan generasi mendatang," katanya.

2. Wallacea Week jadi bukti kerjasama Inggris dan Sulsel

Dubes Inggris Ikut Merayakan Wallacea Week di MakassarIDN Times/Aan Pranata

Selain itu, kegiatan ini juga untuk memajukan kerja sama yang sudah berkembang antara Inggris dan Sulawesi Selatan, khususnya dalam bidang sains, penelitian, lingkungan dan pendidikan.

"Dua contoh hebat dari kerja sama Inggris dan Indonesia adalah melalui proyek “Newton Fund” dan “Skills for Prosperity”," sebut Owen.

Owen juga mengatakan bahwa Wallace merupakan ilmuwan Inggris pertama yang membuktikan keberhasilan kerja sama dengan Indonesia yang mengarah pada terobosan ilmiah. 

"Proyek-proyek penelitian bersama dan didanai bersama dengan pemerintah Indonesia melalui “Newton Fund” telah menyatukan para ilmuwan dari Inggris dan Indonesia," sebut Owen.

Baca Juga: Festival Wallacea Week Ajak Kamu untuk Rayakan Keberagaman Indonesia

3. Inggris tawarkan potensi kerja sama lainnya

Dubes Inggris Ikut Merayakan Wallacea Week di MakassarIDN Times/Aan Pranata

Di Sulawesi sendiri, penelitian sedang dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan lingkungan, keanekaragaman hayati, dan penggunaan lahan Indonesia guna meningkatkan kesiapan dan ketahanan terhadap peristiwa iklim yang merusak.

Owen Jenkins masih membahas potensi kerja beberapa bidang dengan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Misalnya di bidang pendidikan, pariwisata, pengembangan infrastruktur pelabuhan dan energi terbarukan.

"Pesannya sangat relevan dengan tujuan kerjasama kami dengan Indonesia saat ini seiring dengan perayaan 150 tahun warisan Wallace minggu ini," katanya.

Baca Juga: 150 Tahun Jejak Kawasan Wallacea, Mari Merayakannya di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya