Yuk ke Pekan Raya Makassar, Rencana Dibuka Menparekraf

Dimeriahkan berbagai kegiatan dan lomba seru

Makassar, IDN Times - Festival Pekan Raya Kota Makassar (PKRM) bakal digelar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Festival itu diselenggarakan oleh Sulapa Event Production pada 24 Juni - 3 Juli 2022 di Celebes Convention Center.

Andi Muhammad Ismail selaku Ketua Panitia PRKM mengatakan rencananya event ini bakal dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno. Namun pihak penyelenggara tetap akan menyesuaikan jadwal dengan Sandiaga Uno.

"Kita ikut jadwal. Kalau memang Pak Menteri tidak ada jadwal kenegaraan, insyaallah PRKM dibuka sama beliau (Sandiaga Uno)," kata Ismail, Jumat (17/6/2022).

Baca Juga: 5 Spot Keren buat Berkemah Akhir Pekan di Dekat Makassar

1. Dimeriahkan berbagai kegiatan dan lomba

Yuk ke Pekan Raya Makassar, Rencana Dibuka MenparekrafIlustrasi. IDNTimes/Holy Kartika

Event tersebut, kata Ismail, akan dimeriahkan oleh sebanyak 350 UMKM. Bukan itu saja, berbagai lomba juga akan turut mewarnai event tersebut.

Beberapa acara yang akan memeriahkan PKRM di antaranya yaitu lomba MUA, lomba tarian tradisional, festival band, festival dangdut, lomba mewarnai, zumba & yoga, car meet up, kontes motor, hijrah moment, pesta kembang api hingga kontes becak.

Terkait kontes becak, Ismail mengatakan kontes tersebut dinamakan SI GAMMARAKKANG. Kontes becak atau becak hias semacam itu sudah lama tidak temui di Kota Daeng ini padahal becak merupakan moda transportasi tradisional yang pernah populer. 

"Kami ingin mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa becak masih ada di Kota Makassar. Kami juga ingin mengajak masyarakat mengurangi polusi dengan menggunakan becak minimal sekali seminggu," ujarnya.

2. Dimeriahkan 70 artis lokal dan nasional

Yuk ke Pekan Raya Makassar, Rencana Dibuka MenparekrafAbdul Qodir Jaelani a.k.a Dul Jaelani (Instagram/@duljaelani)

Event Pekan Raya Kota Makassar ini juga akan dimeriahkan oleh 70 artis lokal dan nasional yang siap menghibur para pengunjung. Beberapa artis yang terkonfirmasi akan hadir yaitu Anto Sarto, Udin Leaders, Ilyas Safar, artis jebolan KDI dan D Academy hingga QODIR 

"Kalau artis lokal itu 50, lebihnya artis nasional. Salah satunya band besutan Dul Jaelani yaitu QODIR dan bakal ada Tip-X," kata Ismail.

Bagi masyarakat yang ingin datang langsung ke Pekan Raya Kota Makassar ini, hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp25.000 per tiket. Dengan tiket tersebut, pengunjung sudah bisa menikmati konser dan semua pertunjukan di pekan raya tersebut.

"Bagi yang ingin menikmati kuliner UMKM, harganya hanya berkisar Rp10.000 sampai dengan Rp25.000," katanya.

3. Telah mendapatkan izin dari Pemkot Makassar

Yuk ke Pekan Raya Makassar, Rencana Dibuka MenparekrafSunset di Anjungan Pantai Losari Makassar. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Adapun Pekan Raya Makassar dianggap sebagai momen tepat setelah masa pandemik COVID-19. Pekan raya ini hadir untuk seluruh lapisan masyarakat karena ada banyak konten di event ini yang melibatkan anak-anak hingga orang dewasa.

Dalam penyelenggaraan ini, Sulapa Event Production bekerja sama dengan Pemerintah Kota Makassar untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Kegiatan ini terselenggara berkat izin dari Pemerintah Kota Makassar.

"Atas izin pemerintah, akhirnya kami bisa menggelar kegiatan ini. Nantinya, akan ada pengunjung dari luar Makassar juga seperti Mamuju, Jogja dan Jakarta," kata Ismail.

Baca Juga: Satu Orang di Makassar Tertunda Berangkat Haji karena Positif COVID-19

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya