Waspadai Sungai Jeneberang, BPBD Gowa Siaga Banjir 24 Jam

Warga diminta tak beraktivitas di sekitar Sungai Jeneberang

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Gowa mengingatkan warganya tidak beraktivitas di sepanjang daerah aliran Sungai Jeneberang yang membentang hingga Kota Makassar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa, Ikhsan Parawansa mengatakan, saat ini debit air di Sungai Jeneberang terus meningkat akibat curah hujan tinggi di hulu. 

"Sudah ada imbauan juga dari Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Jeneberang untuk masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di sepanjang bantaran sungai dengan kondisi cuaca ekstrem ini," kata Ikhsan dalam siaran persnya yang diterima, Rabu (10/3/2021).

Baca Juga: Berstatus Waspada, Warga Diimbau Tak beraktivas di Sungai Jeneberang

1. Elevasi bendungan Bilibili melewati batas normal

Waspadai Sungai Jeneberang, BPBD Gowa Siaga Banjir 24 JamBendungan Bilibili. https://pu.go.id

Sebelumnya Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ) menetapkan status waspada pada elevasi Sungai Jeneberang. Pada Rabu pukul 9.20 Wita, ketinggian air mencapai 31,99 meter di atas permukaan.

Iksan menerangkan, sejauh ini elevasi bendungan Bili-bili di hulu Sungai Jeneberang sudah mencapai 99,50 mdp, dengan volume 259.375 juta kubik. Angka ini disebut sudah melewati batas normal.

"Namun batas-batas ini masih bisa dijaga karena belum sampai pada batas waspada," ucapnya.

Level waspada yang dimaksud adalah 101,70 mdp atau volume 295.049 juta kubik. Level berikutnya, siaga pada level 102,60 mdp (volume 310.345 juta kubik), lalu awas pada level 103,30 mdpl vol =322.516 juta kubik.

2. BPBD siap siaga banjir selama 24 jam

Waspadai Sungai Jeneberang, BPBD Gowa Siaga Banjir 24 JamIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Iksan mengatakan, pihaknya terus memantau kondisi Bendungan Bilibili serta Sungai Jeneberang. BPBD terus berkoordinasi dengan BBWS Pompengaan Jeneberang.

Iksan berharap curah hujan bisa segera reda. Namun petugas BPBD disebut akan siaga untuk menghadapi potensi banjir.

"Kami sendiri sesuai arahan Pak Bupati sudah ada posko. Jadi setiap saat kami stand by 24 jam. Kalau ada kejadian-kejadian kami langsung turun," katanya.

3. Pintu air Bendungan Bilibili dibuka

Waspadai Sungai Jeneberang, BPBD Gowa Siaga Banjir 24 JamIlustrasi pintu air. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Terpisah, Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan SDA BBWS Pompengaan Jeneberang, Rini S. Harun mengatakan pintu pelimpah Bendungan Bilibili sudah dibuka setinggi 2,5 meter.

Rini juga meminta masyarakat tidak beraktivitas di sekitar Sungai Jeneberang. Apalagi saat ini hilir Sungai Jeneberang berdasarkan pemantauan dari Bendungan Bissua sudah mencapai elevasi waspada yaitu 31,98 mdpl. 

"Kami menyampaikan kepada masyarakat tidak melakukan kegiatan penyebrangan sungai, menambang, menjala ikan di hilir bendungan Bilibili dan kegiatan lainnya di muara Sungai Jeneberang," katanya.

Baca Juga: Hujan Lebat, Sejumlah Jalan Protokol di Makassar Banjir

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya