Warga Takalar Sulsel Meninggal Dunia usai Divaksinasi COVID-19

Dinas Kesehatan Sulsel menunggu hasil investigasi

Makassar, IDN Times - Seorang warga Desa Batu-Batu, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, dikabarkan meninggal dunia setelah menjalani vaksinasi COVID-19.

Warga yang meninggal itu diketahui bernama Sulaiman Daeng Tika (50). Sulaiman merupakan karyawan kontrak atau outsourcing di PLN setempat.

Sulaiman disebut meninggal dunia pada Senin 22 Maret 2021. Sebelum meninggal, Sulaiman menjalani vaksinasi COVID-19 dosis pertama.

1. Sempat dirujuk ke rumah sakit

Warga Takalar Sulsel Meninggal Dunia usai Divaksinasi COVID-19Ilustrasi meninggal (IDN Times/Sukma Shakti)

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sulsel, Nurul AR, membenarkan terkait meninggalnya warga Takalar tersebut. Dia mengaku telah menerima laporan dari Puskesmas di Kabupaten Takalar.

"Setelah tiga hari divaksinasi almarhum sempat dirujuk ke rumah sakit kemudian mendapatkan perawatan di ICU, tapi kemudian malamnya, yaitu tanggal 22 Maret dinyatakan meninggal," kata Nurul, Selasa (23/3/2021).

Sulaiman diketahui mendapatkan suntikan vaksin dosis pertama 15 Maret 2021 di salah satu Puskesmas di Takalar. Tiga hari setelahnya, muncul gejala penurunan kesehatan sehingga Sulaiman dirujuk ke rumah sakit.

2. Proses vaksinasi disebut telah sesuai SOP

Warga Takalar Sulsel Meninggal Dunia usai Divaksinasi COVID-19Ilustrasi vaksinasi COVID-19. ANTARA FOTO/Jojon

Menurut Nurul, Sulaiman telah menjalani vaksinasi yang sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). Vaksinasi itu juga diikuti oleh peserta lainnya.

Nurul menjelaskan bahwa sebelum vaksinasi dimulai, ada tahap penyaringan awal. Proses itu disebutnya telah sesuai dengan SOP. 

"Yang bersangkutan juga sudah dinyatakan layak untuk vaksin. Kalau dinyatakan tidak layak, tidak akan divaksin" lanjut Nurul.

Baca Juga: RS Wahidin Jelaskan soal Nakes Meninggal usai Divaksin COVID-19

3. Dinas kesehatan tunggu hasil investigasi

Warga Takalar Sulsel Meninggal Dunia usai Divaksinasi COVID-19Ilustrasi Vaksin. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Atas kasus tersebut, Nurul mengaku pihaknya tengah menunggu hasil investigasi yang dilakukan oleh tim independen dari Komite Daerah Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi Komda (KIPI) yang sudah berada di rumah korban. 

"Jadi ditunggu dulu karena ini masih proses investigasi yang dilakukan tim independen dan kita sedang menunggu hasil investigasinya," kata Nurul.

Baca Juga: Sudirman Instruksikan Pemda di Sulsel Percepat Vaksinasi COVID-19

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya