Wali Kota Makassar Pastikan Protokol Kesehatan di TPS Sudah Oke

Ada bilik khusus bagi pemilih bersuhu di atas 37 derajat

Makassar, IDN Times - Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin mengecek kesiapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Makassar, Selasa (7/12/2020). Pengecekan itu dimaksudkan untuk mengetahui kesiapan penerapan protokol kesehatan saat pencoblosan 9 Desember.

Dalam pengecekan itu, Rudy mengunjungi tiga TPS di tiga kecamatan berbeda, yaitu di Tamalate, Ujung Pandang, dan Kecamatan Ujung Tanah. Rudy memastikan TPS benar-benar menerapkan protokol kesehatan.

“Kami memastikan apakah standarisasi kesehatan sudah disiapkan. Wastafel lengkap, sabun, thermogun, masker, dan APD petugas. Harus juga ada pembagian waktu untuk para pemilih agar tidak terjadi kerumunan”, ujarnya.

1. Protokol kesehatan di TPS sudah tertata dengan baik

Wali Kota Makassar Pastikan Protokol Kesehatan di TPS Sudah OkePj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin mengecek TPS di Makassar, Selasa (8/12/2020). Humas Pemkot Makassar

Dari hasil pengecekannya itu, Rudy bisa memastikan bahwa kesiapan perangkat untuk protokol kesehatan di TPS sudah tertata dengan baik. Menurutnya hal ini dikarenakan petugas KPPS tentu sudah memahami aturan tersebut dengan baik.  

"Tinggal kita mengharapkan warga yang datang memilih sadar bahwa protkes itu adalah suatu hal yang harus kita laksanakan sehingga sadar sendiri untuk menjaga protokol itu tanpa harus ditegur petugas," katanya.

2. Bilik khusus jadi salah satu protokol kesehatan di TPS

Wali Kota Makassar Pastikan Protokol Kesehatan di TPS Sudah OkeANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Salah satu protokol kesehatan yang wajib ada dalam setiap TPS adalah bilik khusus untuk pemilih yang bersuhu di atas 37 derajat Celcius. Hal ini juga sebagai antisipasi penyebaran COVID-19 di TPS.

Letak bilik khusus ini terpisah dengan bilik lainnya. Letaknya juga di luar TPS. Pemilih yang datang ke TPS harus dicek suhu tubuhnya. Jika lebih dari 37 derajat Celcius maka tidak diperkenankan masuk ke bilik umum.

"Jadi memang ada skenario di TPS. Itu hak warga yang harus kita hormati sehingga untuk yang bersuhu di atas 37 ada bilik khusus. Mudah-mudahan tidak ada. Nanti dikawal khusus saat menyalurkan hak suaranya," katanya.

Baca Juga: Brimob NTB dan Gorontalo Bantu Pengamanan Pilkada Makassar

3. Pemilih diminta tetap menjaga protokol kesehatan

Wali Kota Makassar Pastikan Protokol Kesehatan di TPS Sudah OkeIlustrasi (IDN Times/Melani Indra Hapsari)

Untuk menjamin kelancaran tahapan pencoblosan ini, pihak pemkot melibatkan TNI dan Polri sebagai aparat keamanan. Demikian juga dengan menjamin protokol kesehatan diterapkan dengan baik dan benar selama pencoblosan. 

Untuk itu, Rudy mengimbau agar warga menggunakan hak pilihnya secara jujur dan mengedepankan kesehatan demi menghindari klaster baru penyebaran COVID-19.  

"Mari kita laksanakan pesta demokrasi ini, tetap dengan menjaga protkes. Kita ingin setelah ini kita berbahagia. Kita tidak ingin pencoblosan terjadi peningkatan COVID-19 dan juga ekonomi terganggu akibat penyebaran," katanya.

Baca Juga: Jelang Pilkada, Warga Makassar Persoalkan Undangan Memilih

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya