Wali Kota Kembali Rotasi Pejabat di Lingkup Pemkot Makassar

Danny merombak pejabat lima kali dalam waktu tujuh bulan

Makassar, IDN Times - Mutasi atau pergeseran jabatan kembali bergulir di lingkup Pemerintah Kota Makassar. Kali ini, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto melantik 40 pejabat administratif (eselon III) di Baruga Anging Mammiri Rujab Wali Kota Makassar, Kamis (7/10/2021).

Danny mengatakan pelantikan hari ini masih merupakan bagian dari re-setting pemerintahan yang telah lama dia gaungkan. Dia bermaksud merombak birokrasi di bawah pemerintahannya karena dianggap punya sistem yang kurang baik.

"Kemungkinan akan ada resetting berikutnya. Kami akan tuntaskan, mudah-mudahan bulan ini bisa selesai. Ini sudah tertunda satu bulan lamanya," ucap Danny setelah acara pelantikan.

Baca Juga: Ini Cara Sekolah di Makassar Terapkan Prokes PTM Terbatas 

1. Danny pertimbangkan tiga hal sebelum menggeser pejabat

Wali Kota Kembali Rotasi Pejabat di Lingkup Pemkot MakassarWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Mereka yang dilantik hari ini umumnya merupakan sekretaris dinas, sekretaris badan, dan sekretaris camat. Menurut Danny, ada beberapa pertimbangan yang membuat para pejabat tersebut harus digeser. 

Pertimbangan pertama, kata dia, adalah persoalan kinerja. Kedua, keyakinan secara profesional, dan ketiga adalah loyalitas. Bagi Danny, hal ini penting untuk membangun birokrasi yang baik. 

"Karena jangan diperintah A, terus di bawah jadi S atau E, bahkan Z misalnya. Inilah semua yang menjadi pertimbangan karena saya sendiri menganut meritokrasi, yaitu siapa yang berprestasi, dia dapat promosi. Siapa yang tidak bekerja, pasti saya tidak pakai," kata Danny.

2. Danny minta pejabat yang dilantik bersikap amanah

Wali Kota Kembali Rotasi Pejabat di Lingkup Pemkot MakassarBalaikota Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Kepada 40 pejabat tersebut, Danny menekankan supaya mereka benar-benar menjalankan amanah sebagaimana tupoksi masing-masing. Mereka diharapkan mampu menyukseskan visi misi Danny-Fatma untuk meningkatkan prestasi Kota Makassar.

Selain itu, Danny juga menekankan gerak cepat pada pejabatnya. Hal itu bertujuan agar layanan masyarakat dapat ditingkatkan menjadi lebih baik.

“Bergerak cepat dalam menangani setiap persoalan yang ada di masyarakat menjadi bukti jika pemerintah bekerja. Jadi saya harap tingkatkan layanan dan bekerjalah maksimal," kata Danny.

3. Berulang kali melaksanakan mutasi

Wali Kota Kembali Rotasi Pejabat di Lingkup Pemkot MakassarPelantikan pejabat Pemkot Makassar di Dermaga Soekarno Hatta, Senin (26/7/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Mutasi hari ini bukan yang pertama kali sejak Danny menjabat sebagai Wali Kota Makassar selama tujuh bulan. Selama masa ini, setidaknya dia telah beberapa kali menggelar mutasi. 

Pelantikan pertama setelah dia menjabat wali kota berlangsung pada 26 Juli 2021 di dermaga Soekarno Hatta dengan latar belakang KM Umsini. Saat itu, dia melantik 16 pejabat eselon II hasil job fit. 

Tak sampai sebulan, yaitu pada 9 Agustus 2021, dia kembali melantik 2 pejabat eselon II di Baruga Anging Mammiri. Di bulan yang sama, tepatnya pada 27 Agustus 2021, lagi-lagi dia melantik 15 camat yang dulunya pernah dinonjobkan. 

Pada 1 September 2021, Danny melantik sebanyak 47 pejabat eselon IIIa dan IIIb di Anjungan Pantai Losari. Jika dihitung keseluruhan, Danny telah merombak pejabat sebanyak 5 kali dalam kurun waktu 7 bulan dan itu masih akan terus berlanjut.

Baca Juga: Danny Pomanto Rancang Ulang Konsep Pete-pete Smart

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya