Danny Pomanto Rancang Ulang Konsep Pete-pete Smart

Proyek yang diharapkan jadi penghubung 5 ribu lorong wisata

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto kembali merancang Pete-pete Smart, yaitu konsep angkutan kota modern dengan beragam fasilitas.

Konsep Pete-pete Smart pernah dibuat pada periode pertama Danny Pomanto sebagai wali kota, namun terhenti di tengah jalan. Namun menurut dia, kali ini konsepnya akan berbeda.

"Kita akan bikin namanya Co'mo. Itu adalah pete-pete smart yang pakai listrik. Kita tidak lagi bikin pakai bensin karena orang semua sudah (pakai) listrik," kata Danny di Makassar, Rabu (6/10/2021).

Baca Juga: Danny Pomanto Laporkan Mahasiswa ke Polisi, Tak Terima Dituduh Korupsi

1. Dirancang untuk menghubungkan lorong wisata

Danny Pomanto Rancang Ulang Konsep Pete-pete SmartWarga melintas di area Pantai Losari saat matahari terbenam di Makassar, Sulawesi Selatan. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Danny menyebut Pete-pete Smart nantinya akan jadi sarana transportasi gratis yang menghubungkan 5.000 lorong wisata dan hotel-hotel Dengan begitu, kehadiran moda transportasi tersebut dinilai akan menghidupkan lorong wisata.

Menurutnya, ini setidaknya akan memberikan fasilitas bagi masyarakat yang hendak berwisata di lorong-lorong. Wisatawan yang berada di hotel dan ingin mencari makan di luar bisa menggunakan moda ini.

"Kita hidupkan orang lorong. Kan kita mau recovery dari bawah. Kita ada start up lorong. Nanti di ulang tahun kota kita akan bikin mulai dari lorong-lorong," katanya.

2. Rencananya mulai dijalankan tahun depan

Danny Pomanto Rancang Ulang Konsep Pete-pete SmartWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny mengatakan pihak telah membahas rencana ini bersama Universitas Hasanuddin. Apalagi, moda transportasi tersebut telah memiliki rancangan dan telah siap dibangun.

"Makanya kami lagi studi dengan teman-teman Unhas untuk segera membangun, tahun depan kita bangun itu. Desainnya sudan ada. Sementara didesain," ujar Danny.

3. Masih fokus pada pengurusan izin

Danny Pomanto Rancang Ulang Konsep Pete-pete SmartWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Karena masih dalam tahap studi, Danny belum bisa menyebutkan berapa unit pete-pete smart yang akan dibuat. Untuk saat ini, pihaknya hanya fokus pada pengurusan izin.

"Ini kita masih studi, izinnya dulu. Kan izin produksinya itu kita pakai izinnya pete-pete smart. Tinggal kita minta listriknya seperti apa. Nanti Perhubungan yang akan mengurus teknisnya," kata Danny.

Baca Juga: Pemkot Makassar Akan Tes Ulang Ribuan Tenaga Kontrak

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya