Wagub Sulsel Serahkan APD Buatan UMKM untuk Dua Rumah Sakit

APD tersebut merupakan hasil produksi UMKM

Makassar,IDN Times - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) berupa baju hazmat kepada RSUD Daya Makassar dan RSUD Salewangang Maros, Sabtu (11/4).

Selain APD, Sudirman juga menyerahkan bantuan masker dan kebutuhan nutrisi ke tenaga medis yang menangani pasien Corona atau COVID-19. 

"Semoga dengan bantuan ini, kita berharap tenaga medis tidak memakai jas hujan atau plastik seperti di beberapa kasus yang ada, sambil menunggu APD bantuan Pemerintah," kata Sudirman dalam siaran persnya, Minggu (12/4).

1. UKM diberdayakan produksi APD

Wagub Sulsel Serahkan APD Buatan UMKM untuk Dua Rumah SakitIlustrasi (IDN Times/Debbie Sutrisno)

APD tersebut merupakan hasil produksi dari UKM (Usaha Kecil Menengah) yang tergabung dalam Mata Garuda Sulsel yakni merupakan perkumpulan pelajar alumni LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan). APD yang diproduksi tersebut masih standar sebagai pelindung tenaga kesehatan yang berada di puskesmas atau di IGD.

Masker kain yang dibagikan juga merupakan produksi rumah tangga yang dipesan dari penjahit, yang omzetnya menurun ketika pandemi COVID-19 melanda.

"APD ini kami dapatkan dari produksi lokal usaha kecil adik-adik Alumni LPDP yang kami pesan untuk membantu kebutuhan perlengkapan medis para tenaga kesehatan," katanya.

2. Mengecek kesiapan dua rumah sakit

Wagub Sulsel Serahkan APD Buatan UMKM untuk Dua Rumah SakitWakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Humas Pemprov Sulsel

Selain menyerahkan APD, Sudirman juga mengecek kesiapan ruangan dan fasilitas penanganan pasien COVID-19 di dua rumah sakit tersebut juga memberi semangat kepada para tenaga medis dan jajaran manajemen di sana. 

Menurut Sudirman, jasa tenaga medis sangat besar dalam menangani kasus COVID-19, khususnya di Sulsel. Dia juga mengajak warga yang mampu untuk membantu mereka yang terkena dampak kebijakan penanganan COVID-19.

"Kepada para tenaga medis di Sulsel, khususnya di RSUD Daya dan RSUD Salewangang Maros, kami sangat bangga terhadap apa yang saudara-saudara lakukan dalam penanganan pasien terjangkit virus Corona," ucapnya.

Baca Juga: 3 Perawat di Toraja Utara Diusir dari Kosan, Begini Klarifikasi PPNI

3. Tenaga medis layak dapat fasilitas

Wagub Sulsel Serahkan APD Buatan UMKM untuk Dua Rumah SakitIDN Times/Candra Irawan

Sementara itu, Pemprov Sulsel juga telah menyediakan hotel sebagai tempat menginap bagi para tenaga medis yang merawat pasien COVID-19. Salah satu hotel yang dipilih adalah Hotel Dalton yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar.

Hotel ini menjadi tempat istirahat bagi tenaga medis yang bertugas di RSUP dr Wahidin Sudirohusodo, Rumah Sakit Pendidikan Unhas, Rumah Sakit Awal Bros, dan Rumah Sakit Sayang Rakyat.

Menurut Sudirman, para tenaga medis baik itu dokter maupun perawat layak mendapatkan fasilitas dan pelayanan yang baik dari hotel karena saat ini mereka berada di garda terdepan dalam menangani COVID-19.

"Kita harus memberi perhatian bagi para tenaga kesehatan, serta mendukung mereka dengan segala cara. Silahkan nikmati fasilitas pelayanan yang disediakan Pemerintah Provinsi Sulsel," kata Sudirman.

Baca Juga: Curhat Perawat di Sulsel: Pakai APD Bekas hingga Terima Stigma Negatif

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya