Vaksinasi COVID-19 Sulsel Hampir Capai Target, Mantap!

Vaksinasi Sulsel telah capai 69,57 persen

Makassar, IDN Times - Vaksinasi COVID-19 Provinsi Sulawesi Selatan hampir mencapai target 70 persen sebelum akhir 2021. Berdasarkan data KCPEN hingga pukul 17.30 WITA pada 29 Desember 2021, capaian vaksinasi telah mencapai 69,57 persen dari total sasaran sekitar 7 juta orang.

Capaian vaksinasi di Sulsel untuk dosis 1 sebesar 4,9 juta orang. Sementara untuk dosis 2, capaian vaksinasi mencapai 40,06 persen atau sekitar 2,8 juta orang.

"Alhamdulillah, vaksinasi kita terus meningkat. Per hari ini sudah mencapai 69,57 persen. Mendekati 70 persen sesuai target Bapak Presiden," kata Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Rabu (29/12/2021).

1. Pemprov terus mengebut vaksinasi

Vaksinasi COVID-19 Sulsel Hampir Capai Target, Mantap!Mobile Vaccinator Pemprov Sulsel. (Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Menurut Sudirman, capaian vaksinasi ini berkat sinergitas dari semua elemen. Mulai dari TNI, Polri, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, tenaga kesehatan, perguruan tinggi negeri/swasta, dan lainnya.

Terlebih lagi, Pemprov Sulsel terus menggelar kebut vaksinasi dengan menurunkan mobile vaccinator atau vaksinasi keliling di kabupaten/Kota. Selain itu, ada juga undian berhadiah untuk menarik minat warga agar mau divaksinasi.

"Mari lakukan vaksinasi untuk membentuk herd immunity (kekebalan kelompok). Ayo tetap semangat, bersama kita bisa," kata Sudirman.

2. Animo masyarakat kembali meningkat

Vaksinasi COVID-19 Sulsel Hampir Capai Target, Mantap!Seorang warga mengikuti vaksinasi di Jalan Topaz Raya, Kecamatan Panakkukang, Makassar, Rabu (29/12/2021). IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Arman Bausat, menyebut peningkatan cakupan vaksinasi itu karena amino masyarakat yang juga meningkat berkat iming-iming hadiah. Namun tidak semua masyarakat yang telah divaksinasi bisa mengikuti undian tersebut.

"Lumayan bagus. Kan sudah tersosialisasi juga. Cuma yang kita cari sekarang banyak yang mau divaksin tapi kan tidak bisa. Hadiah ini hanya berlaku bagi masyarakat yang divaksin antara tanggal 16-31 Desember," katanya.

Baca Juga: Iming-Iming Undian Mobil Diklaim Naikkan Cakupan Vaksinasi Sulsel

3. Vaksinasi Sulsel sempat melambat

Vaksinasi COVID-19 Sulsel Hampir Capai Target, Mantap!Ilustrasi vaksinasi (IDN Times/Herka Yanis).

Adapun, Pemprov Sulsel menggelar undian vaksinasi berhadiah bertajuk Gebyar Vaksinasi itu untuk menggenjot capaian vaksinasi 70 persen hingga akhir tahun 2021. Pasalnya, cakupan vaksinasi Sulsel sempat melambat sehingga sulit mencapai target 100 persen.

Pemerintah pusat memberikan target 70 persen jika tak mampu mencapai 100 persen. Namun karena waktu yang singkat, maka undian berhadiah dinilai sebagai langkah taktis untuk menarik minat masyarakat agar mau divaksinasi.

Baca Juga: Jokowi Batal Datang, Jadwal Pengundian Gebyar Vaksinasi Sulsel Diundur

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya