Usai Libur Lebaran, Wali Kota Makassar Instruksikan ASN WFH 

Kebijakan WFH merujuk kepada instruksi pemerintah pusat

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menginstruksikan aparatur sipil negara (ASN) untuk melaksanakan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah. Kebijakan itu sesuai perintah pemerintah pusat bahwa ASN akan WFH terhitung hari ini 9 Mei 2022 hingga 31 Mei 2022. 

Hal ini disampaikan Danny saat apel pagi sekaligus halal bihalal bersama seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Makassar, di Halaman Balai Kota, Senin (9/12/2022).

Danny menegaskan WFH merupakan salah satu langkah yang diambil pemerintah pusat untuk para pemudik agar bisa mengisolasi diri dulu setelah bepergian. Hal itu juga dimaksudkan agar kasus COVID-19 tidak meningkat tajam. Meski begitu, kasus COVID-19 di Makassar nyaris tidak ada peningkatan.

"Kita selesaikan dulu apel pagi kita konsolidasi diatur bagaimana WFH secara maksimal dan saya menegaskan di apel tadi bahwa work from home itu bukan berarti tidak kerja, bekerja tapi di rumah dan berbarengan, tetap ada yang stand by di Balai Kota,” kata Danny.

Baca Juga: Arus Balik Lebaran, Polrestabes Makassar Terapkan Ganjil Genap

1. WFH ASN untuk mengurangi kemacetan arus balik

Usai Libur Lebaran, Wali Kota Makassar Instruksikan ASN WFH Ilustrasi. IDN Times/Galih Persiana

Sistem kerja WFH bagi ASN diusulkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo dengan maksud untuk mengurai kemacetan arus balik lebaran 2022. 

Menurutnya, penerapan WFH tidak akan mengganggu urusan administrasi dan pelayanan pemerintahan lain. Sebab, kini telah ada penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang memungkinkan ASN bekerja secara fleksibel memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Selain itu, penerapan WFH selama sepekan setelah cuti Lebaran 2022 juga dapat diterapkan sebagai upaya isolasi mandiri (isoman) bagi para ASN setelah dari kampung halaman bertemu dengan keluarga.

2. Pemkot akan benahi kualitas SDM

Usai Libur Lebaran, Wali Kota Makassar Instruksikan ASN WFH Balaikota Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Lebih lanjut, Danny juga menyampaikan akan menyelesaikan berbagai agenda Pemkot Makassar yang telah terjadwal hingga Desember mendatang. Salah satunya adalah pembinaan dan peningkatan spritual tiap SKPD sesuai dengan agama yang dianut masing-masing.  

Menurut Danny, hal itu harus dilaksanakan setiap minggu dengan tujuan agar mental spritual jajaran Pemerintah Kota Makassar kuat dan tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal yang tidak sesuai aturan. 

Danny juga akan melakukan pembenahan SDM yang tergabung dalam Laskar Pelangi. 

“Ini salah satu tugas penting saya pembenahan SDM yang akan kita kategorikan SDM baik ASN maupun Laskar Pelangi sehingga orang yang malas ada ketegori sendiri, ada orang yang berkinerja dan berintegritas buruk ada kategorinya. Dan Laskar Pelangi dibagi juga ada laskar administrasi, laskar 24 jam,” sebutnya.

3. Kehadiran ASN capai 96 persen

Usai Libur Lebaran, Wali Kota Makassar Instruksikan ASN WFH Ilustrasi ASN, IDN Times/ istimewa

Setelah melaksanakan apel bersama ASN, Danny langsung menggelar sidak di setiap ruangan SKPD Balai Kota seperti Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), dan Bagian Umum. 

Sidak ini dimaksudkan Danny untuk mengetahui presentasi kehadiran ASN maupun honorer di hari pertama berkantor usai cuti bersama. 

“Kalau diliat dari kehadiran tadi alhamdulillah hari pertama kerja 96 persen yang hadir,” kata Danny.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Temui Rais Syuriah PCNU Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya